Salin Artikel

328 Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Berangkat Tahun Ini, Jemaah Diminta Lunasi Pembayaran

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Chaironi Hidayat mengatakan, kuota haji yang diperoleh berdasarkan ketentuan secara nasional.

“Jadi, sudah dipastikan tahun ini akan dilakukan pemberangkatan haji. Untuk Kabupaten Sumenep, kuotanya ditetapkan 328 CJH," kata Chaironi saat dihubungi, Kamis (12/5/2022).

Chaironi menjelaskan, seluruh calon jemaah haji harus memperhatikan sejumlah ketentuan, salah satunya yakni terkait biaya pelunasan.

Bagi calon yang sempat menarik biaya pelunasan, diminta segera melengkapi biaya tersebut sebesar Rp 42 juta.

"Itu berlaku bagi CJH yang sempat menarik pelunasan. Tapi bagi CJH yang tidak menarik biaya pelunasan pada tahun sebelumnya tidak harus membayar biaya apapun,” tuturnya.

Waktu untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), dimulai sejak 9 sampai 20 Mei 2022.

"Kami minta para CJH yang masuk kuota melakukan pelunasan sesuai jadwal," ujarnya.

Setelah semuanya rampung, kata dia, para calon jemaah haji akan diikutkan bimbingan manasik selama enam kali. Empat kali di Kantor KUA Kecamatan masing-masing dan dua kali di tingkat Kabupaten.

“Untuk kloter masih belum ada kepastian. Kalau tahun sebelumnya, Kabupaten Sumenep ini kebagian kloter 43. Jika ada perubahan dimungkinkan tidak terlalu jauh dari nomor sebelumnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, CJH wajib mengikuti program vaksinasi Covid-19 dosis booster dan tes negatif PCR.

“Saya sarankan H-14 pemberangkatan, para CJH isolasi mandiri atau tidak kontak langsung dengan siapapun agar tes PCR-nya negatif,” pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/12/203500578/328-calon-jemaah-haji-asal-sumenep-berangkat-tahun-ini-jemaah-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke