Salin Artikel

Nyamar Jadi Nasabah Bank, Maling Buntuti Korban dan Gasak Rp 90 Juta

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - ANF, warga Sidoarjo, Jawa Timur, ditangkap polisi setelah diketahui mencuri uang milik nasabah bank. ANF merupakan spesialias maling yang membidik nasabah bank dengan modus penyamaran.

Dalam kasus ini, pelaku berhasil membawa kabur uang tunai Rp 90 juta milik korban.

Kepala Kepolisian Resor Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani menjelaskan, ANF terlibat dalam perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana diatur dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Dia bersama rekannya mengincar nasabah sejumlah kantor bank yang terletak di Jalan Suroyo Kota Probolinggo. Salah satu aksinya memperdaya nasabah salah satu bank pelat merah di Probolinggo.

"Kedua pelaku mulanya mencari sasaran dengan melakukan pemantauan di dalam bank. Mereka berdua lalu menyamar menjadi nasabah. Ikut mengantre dan menunggu bersama nasabah lain. Dalam penyamaran, mereka mengunci target yang mengambil uang cash dengan jumlah banyak," kata Wadi dalam konferensi pers di Mapolres Probolinggo Kota, Rabu (11/5/2022).

Setelah mendapatkan target sasaran, seorang pelaku memasang paku di salah satu ban mobil milik korban.

Setelah keluar dari bank, para pelaku membuntuti mobil korban dari belakang. Saat korban turun dari mobil, pelaku beraksi. Mereka kemudian mengambil tas di dalam mobil yang berisi uang dan membawanya kabur.

Dalam kasus ini, mobil korban berhenti untuk membeli buah di daerah wilayah Jalan Mastrip Kota Probolinggo. Saat korban turun sambil mengunci mobil dengan remot, pelaku menggasak uang nasabah tersebut.

"Kejadiannya pada 15 November 2021 siang hari dan mencuri uang korban sebesar Rp 90 juta," kata Wadi.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mendapatkan rekaman CCTV pelaku dan kendaraan yang digunakan.

Seorang pelaku, ANF, ditangkap polisi. Dia warga Kabupaten Sidoarjo. Satu pelaku lain rekan pelaku masih diburu polisi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/11/215534378/nyamar-jadi-nasabah-bank-maling-buntuti-korban-dan-gasak-rp-90-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke