Salin Artikel

Tiga Kali Longsor, Jembatan Gantung Gladak Perak Lumajang Ditutup

LUMAJANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lumajang kembali menutup jembatan gantung Gladak Perak di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/5/2022).

Penutupan jembatan tersebut lantaran pada hari ini telah terjadi tiga kali longsoran, yakni pada pukul 00.30 dini hari, 06.30 WIB, dan 10.00 WIB.

Longsoran batu dan tanah terjadi di sisi sebelah selatan jembatan gantung atau arah dari Kecamatan Pronojiwo.

Beruntung peristiwa itu terjadi saat arus lalu lintas sedang longgar sehingga tidak sampai menimbulkan korban.

Sekretaris Camat Kecamatan Candipuro, Abdul Aziz membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya kondisi batuan yang masih labil menjadi faktor terjadi longsoran.

"Tiga kali longsoran tadi mulai malam, tebing sisi selatan yang dari arah Pronojiwo karena baru dikeruk jadi kondisi batuannya masih labil," kata Aziz melalui sambungan telepon, Rabu (11/5/2022).

Selain faktor itu, Aziz menyebut, longsor itu juga disebabkan oleh kejadian gempa bumi dengan skala kecil yang terjadi di Kabupaten Lumajang beberapa hari terakhir.

"Itu diperparah dengan kejadian gempa yang beberapa hari ini ada di wilayah kita walaupun skalanya kecil hanya 3,4 dan 3,6," tambahnya.

Demi menjaga keselamatan warga yang melintas, Pemkab pun langsung menutup jalan tersebut untuk umum.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Rizal Sanaba mengatakan bahwa pihaknya telah menerima permintaan penutupan jembatan dari Pemkab Lumajang.

"Sebenarnya sudah kita tutupi sebagian, nanti ditutup pakai geotextile semuanya, terus batu yang belum jatuh saya minta biar dijatuhkan sebelum ditutup lagi," kata Rizal melalui sambungan telepon, Rabu.

Rizal mengaku, pihaknya juga telah membahas langkah pencegahan permanen longsoran yang kerap terjadi di perbukitan sekitar Gladak Perak. Namun, belum diputuskan langkah pencegahan permanen yang akan diambil oleh BBPJN.

Lebih lanjut, Rizal menyerahkan proses pembukaan kembali jembatan gantung kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Keselamatan utama, tapi satu sisi aksesnya harus tetap terbuka," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/11/205510878/tiga-kali-longsor-jembatan-gantung-gladak-perak-lumajang-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke