Salin Artikel

Ketupat Jumbo Seberat 75 Kg di Kota Batu, Cara Warga Lestarikan Tradisi Usai Lebaran

Tradisi ini masih dilestarikan, antara lain oleh warga RT 01 dan 02, RW 02, Kelurahan Sisir, Kota Batu di Masjid Misbahussudur, Jumat (6/5/2022) malam.

Puluhan warga menyantap bersama makanan dari ketupat berukuran jumbo dengan opor ayam. 

Ukuran ketupat tersebut memiliki lebar 50 sentimeter, panjang 60 sentimeter dan tebal 30 sentimeter. Sebanyak 23,5 kilogram beras dibutuhkan untuk membuat ketupat jumbo itu.

Ketua Takmir Masjid Misbahussudur, Yunus Rahmat mengatakan, ide membuat ketupat dengan ukuran yang tidak pada umumnya itu berawal dari keinginan warga untuk melestarikan budaya kupatan yang telah hilang bertahun-tahun.

"Kemudian ada salah satu pemuda bilang kalau misal buat kupat besar gimana ya, ya sudah dicoba saja dan bisa berhasil, ini merupakan wujud ide kreatifitas yang luar biasa," kata Yunus saat diwawancarai, Sabtu (7/5/2022).

Sebelumnya, ketupat tersebut dimasak selama enam jam dan membutuhkan sekitar 300 lembar daun janur. Ada sekitar 10 orang warga yang ikut membantu.

Ketika matang, ketupat memiliki bobot sekitar 75 kilogram. Ketupat tersebut dibagikan ke warga sekitar dan disajikan dalam 200 porsi. 

"Ketupat tadinya juga diarak terlebih dahulu dari rumah Pak RT 02 yang jadi tempat pembuatan, kemudian dibawa ke Masjid sini," katanya.


Yunus mengatakan, rencananya pada tahun-tahun mendatang kegiatan serupa bakal dilakukan secara terus menerus sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri dengan ukuran ketupat yang lebih besar lagi.

Dia mengatakan pada umumnya ketupat memiliki makna untuk saling maaf dan memaafkan antarsesama manusia.

Dalam hal ini, di dalamnya terdapat pesan bahwa seseorang harus meminta maaf ketika mereka melakukan sesuatu yang salah.

Ketupat juga digunakan sebagai simbol pengakuan kepada Tuhan dan manusia.

"Sehingga ketika ketupat yang dibuat lebih besar dari lazimnya maka diharapkan kesalahan antar sesama manusia yang banyak juga dimaafkan sesama dan kekhilafan kita semuanya semoga diampuni oleh Allah SWT," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/07/105715878/ketupat-jumbo-seberat-75-kg-di-kota-batu-cara-warga-lestarikan-tradisi-usai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke