Salin Artikel

Jumlah Kendaraan Arus Balik Mulai Meningkat, Polres Malang Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas

Berdasarkan data Jasa Marga Pandaan Malang, jumlah kendaraan roda empat yang keluar dari Malang Raya via gerbang tol Pakis, Lawang, dan Singosari mencapai 19.681 kendaraan, pada pukul 06.00-15.00 WIB.

Sedangkan kendaraan roda empat yang masuk Malang Raya via gerbang tol tersebut sebanyak 9.774 kendaraan, pada periode yang sama.

Jumlah kendaraan tersebut diketahui meningkat sekitar 50 persen dibanding H+1 dan H+2 Lebaran lalu.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Kepolisian Resor (Polres) Malang, Iptu Achmad Taufik mengatakan peningkatan tersebut didominasi arus balik warga dari Malang ke luar daerah. 

"Sebagain kecil adalah kendaraan pelancong yang berwisata di wilayah Malang dan Kota Batu," ungkapnya saat ditemui, Jum'at (6/5/2022).

Diprediksi, arus kendaraan itu akan lebih meningkat pada Sabtu (6/5/2022) dan Minggu (7/5/2022). Sebab kedua hari adalah puncak arus balik Lebaran 2022.

"Untuk mengantisipasi potensi kepadatan kita sudah membuat skema rekayasa lalu lintas di beberapa titik potensi kemacetan. Seperti simpang empat Karanglo, Kecamatan Singosari hingga ke simpang tiga Pendem, Kota Batu," ujarnya.

"Kemudian Jalan Raya Pakisaji, Kecamatan Pakisaji dan simpang empat Talangagung, Kecamatan Kepanjen hingga Jalan Raya Sumberpucung, Kecamatan Sumberpucung," imbuhnya.

Selain itu, Polres Malang juga menerjunkan peronel pengamanan tambahan, dari jajaran Satuan Lalu Lintas, Satuan Korps Samapta Bhayangkara dan Pemeliharaan Keamanan (Korps Sabhara Baharkam), dan jajaran Polsek. Jumlah personel pengamanan tambahan itu sebanyak 95 personel.

"72 diantaranya diterjunkan ke jalur lalu lintas, dan 23 lainnya diterjukan ke sejumlah kawasan pantai di Kabupaten Malang," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/06/164103678/jumlah-kendaraan-arus-balik-mulai-meningkat-polres-malang-siapkan-skema

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke