Salin Artikel

Indahnya Pantai Pulau Cina, Wisata Alam Tersembunyi di Bawean Gresik

GRESIK, KOMPAS.com - Selama ini tak banyak orang yang tahu, bila Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, memiliki banyak destinasi wisata yang cukup indah untuk mengisi waktu liburan.

Secara geografis, Pulau Bawean terpisah dari daratan Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau ini terbagi menjadi dua kecamatan yakni Tambak dan Sangkapura.

Pulau ini menyimpan segudang destinasi wisata alam yang menawan dan masih asri.

Seperti pantai Pulau Cina, Desa Telukjatidawang, Kecamatan Tambak, Gresik. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan lepas pantai dan keindahan laut.

Tak hanya itu, Pantai Pulau Cina juga memiliki keindahan bawah laut yang masih alami.

Selain keindahan alam, pengelola wisata Pantai Pulau Cina juga menyiapkan berbagai wisata air seperti banana boat dan snorkeling yang dilengkapi sejumlah alat keselamatan.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai di pinggiran pantai, bisa memanfaatkan gazebo di pinggiran pantai. Sambil bersantai, wisatawan bisa membakar ikan laut segar.

"Wisatawan bisa menikmati pantai Pulau Cina, mulai dari pinggir pantai hingga ke tengah laut," ujar Kepala Desa Telukjatidawang Fahrur Razi, mewakili pengelola wisata pantai Pulau Cina, Jumat (6/5/2022).

Pantai Pulau Cina merupakan obyek wisata yang dikembangkan Pemerintah Desa (Pemdes) Telukjatidawang.

Pengembangan tempat wisata tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi warga setempat.

Walaupun lokasi pantai ini terbilang jauh. Jarak dari Pelabuhan Sangkapura sekitar 17 kilometer dan dari Bandara Harun Tohir Bawean sekitar 11 kilometer.

Meski demikian, pengunjung dijamin bakal puas usai liburan, termasuk musim libur lebaran saat ini.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan di pantai Pulau Cina dapat menyewa perahu melalui dermaga desa setempat atau di Dusun Dedawang, seharga Rp 20.000 per orang.

Bila berkenan, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan dalam laut atau dapat menikmati banana boat, dengan harga Rp10.000 untuk tiga trip.

"Ini salah satu inovasi untuk wisata di Desa Telukjatidawang,” ucap Fahrur.

Fahrur menjelaskan, selama ini para pengunjung menikmati pantai Pulau Cina hanya di sekitar rumah apung, snorkeling, atau bakaran ikan di gazebo yang disediakan. Dengan jumlah pengunjung per hari, berkisar antara 100 hingga 200 wisatawan.

Namun sejak banana boat hadir sebagai salah satu hiburan di Pantai Pulau Cina, jumlah pengunjung mulai meningkat.

Bahkan dalam momen Lebaran tahun ini, jumlah pengunjung meningkat cukup signifikan, lantaran banyak warga Bawean yang merantau mudik ke kampung halaman.

"Sejak H+2 Hari Raya Idul Fitri, rata-rata wisatawan sekitar 500 sampai 700 orang. Banyak rombongan dari desa-desa, baik dari Kecamatan Sangkapura maupun Tambak,” kata Fahrur.

Fahrur menambahkan, kendati jumlah pengunjung meningkat cukup signifikan, pihak pengelola wisata pantai Pulau Cina tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Terlebih, ancaman pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum berakhir.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/06/161240778/indahnya-pantai-pulau-cina-wisata-alam-tersembunyi-di-bawean-gresik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke