Salin Artikel

Rawan Pencurian, Polisi di Gresik Rutin Patroli Perumahan yang Ditinggal Mudik

GRESIK, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor Gresik, Jawa Timur, rutin patroli ke tempat-tempat yang dinilai rawan terjadi pencurian, termasuk pengawasan pada lingkungan perumahan yang ditinggal warganya mudik ke kampung halaman.

Patroli itu untuk mencegah terjadinya tindak kriminal, seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian motor.

Kepala Satuan Sabhara Polres Gresik AKP Herry mengatakan, pihaknya rutin berpatroli di sekitar perumahan Bunder Asri, ABR, GKB, BP Wetan dan beberapa perumahan lain yang kebanyakan ditinggal mudik oleh pemiliknya.

"Kami mobile dengan sasaran dan waktu yang dinamis, sesuai dengan karakteristik kerawanan kriminalitas di daerah tersebut," ujar Herry di sela agenda patroli, Jumat (6/5/2022).

Herry menjelaskan, patroli itu melibatkan petugas di Polsek setempat.

Pihaknya menjadikan lingkungan perumahan sebagai sasaran patroli karena berpotensi terjadi kejahatan pencurian.

"Lokasi tersebut (perumahan) sering menjadi sasaran kejahatan, baik itu pencurian barang maupun kendaraan bermotor," ucap Herry.

Pihaknya meminta warga yang menjumpai adanya tindak kriminal di lingkungannya agar tidak segan melapor kepada polisi.

"Untuk masyarakat, jika membutuhkan bantuan bisa menghubungi call center 110 yang sudah disediakan, atau dapat melaporkan ke Polsek jajaran terdekat," kata Herry.

Pada Lebaran tahun ini, Polres Gresik menyiapkan enam pos pengamanan (Pospam) dan satu pos pelayanan (Posyan). Petugas yang dikerahkan untuk enam pos tersebut sebanyak 262 personel gabungan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/06/135906178/rawan-pencurian-polisi-di-gresik-rutin-patroli-perumahan-yang-ditinggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke