Salin Artikel

H-1 Lebaran, Pemudik Menggunakan Motor Antre di Gerbang Jembatan Suramadu

SURABAYA, KOMPAS.com - H-1 Lebaran, arus mudik di Jembatan Suramadu, Jawa Timur, terpantau padat, Minggu (1/5/2022). Pemudik yang memadati jembatan itu didominasi oleh pengendara motor yang hendak mudik ke Pulau Madura.

Pemudik bahkan harus antre perlahan di pintu masuk menuju jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura itu. Mereka memilih mudik sehari menjelang Lebaran karena berbagai alasan.

Khusairi (35), pemudik dari Sidoarjo yang hendak menuju Blega, Bangkalan, mengaku mudik pada H-1 karena baru mendapat izin cuti dari tempatnya bekerja. Dia mudik bersama istri dan anaknya yang masih belita.

"Duh, ini kok tumpah ruah kayak gini ya, saya berangkat tadi sekitar jam 3 sore. Prediksi saya maghrib sampai. Kalau begini harus pelan-pelan, kasihan anak saya masih balita," katanya sembari mencari celah untuk masuk perlahan di gerbang Jembatan Suramadu, Minggu.

Khusairi menyebutkan, hari ini seperti mudik dua tahun sebelumnya, yakni saat masa mudik tahun 2019.

"Ini kayak dulu lagi, harus pelan, sabar, gantian yang masuk gitu, karena harus bayar. Ini karena pintu gerbangnya itu belum dibongkar jadi cuma muat satu motor masuknya," terang dia.

Kasat Lantas Polres Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo membenarkan bahwa kendaraan yang melintas di Jembatan Suramadu pada H-1 Lebaran meningkat tiga kali lipat lebih.

Dia mengimbau kepada para pengendara agar bersabar saat melintas.

"Sabar pelan-pelan, gantian jangan ego. Itu hanya pas mau masuk Suramadu saja, setelah itu lalu lintasnya normal," ungkap dia.

Dia memprediksi, volume kendaraan akan terus meningkat hingga malam nanti, bahkan sampai besok sesudah shalat id.

"Itu kami prediksi terus akan peningkatan hingga besok itu, tapi kondisi arus lalu lintas masih normal lancar, tak ada penumpukan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/01/183439178/h-1-lebaran-pemudik-menggunakan-motor-antre-di-gerbang-jembatan-suramadu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke