Salin Artikel

Mudik 2022, Simpang Tiga Mengkreng Kediri Jadi Atensi Mabes Polri

KEDIRI, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Simpang Tiga Mengkreng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menjadi salah satu atensi Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) pada momen mudik tahun ini. Sebab, persimpangan itu berpotensi rawan macet.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komisaris Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto saat mengunjungi Simpang Tiga Mengkreng, Kamis (28/4/2022).

"Kami mendapatkan tugas dari Bapak Kapolri, untuk di Jawa Timur ini (pengawasan) yang pertama di titik Simpang Mengkreng ini. Ini dulu titik paling macet," ujar Komjen Agung Budi Maryoto.

Untuk diketahui, persimpangan tersebut merupakan jalur nasional dan juga titik pertemuan arus lalu lintas dari tiga wilayah, yakni Kabupaten Kediri, Jombang dan Nganjuk.

Sementara itu, Agung Budi menyampaikan, berdasarkan hasil monitoring di beberapa wilayah, terutama di ruas jalan tol, mulai terjadi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan.

"Hari Rabu kemarin dibanding hari Selasa meningkat 89 persen kendaraan yang melalui tol. Prediksinya hari ini sudah mulai padat," ungkapnya.

Menurutnya, kebijakan libur yang panjang ini membuat masyarakat lebih leluasa merencanakan mudik.

Pihaknya mengingatkan masyarakat yang mudik untuk memperhatikan kondisi, baik kondisi kendaraan maupun pengemudinya.

Kalau sudah terasa capek, Agung Budi meminta pemudik berhenti di rest area yang tersedia.

"Jangan memaksakan cepat sampai. Utamakan keselamatan," lanjutnya.

"Yang paling penting jaga prokes karena saat ini masih pandemi," pungkasnya.

Kapolres Kediri Ajun Komisaris Besar Agung Setyo Nugroho mengatakan, saat ini arus kendaraan di Mengkreng mulai ramai, namun tetap lancar seperti biasa.

Pihaknya memastikan petugas yang berjaga di Pospam Mengkreng akan memberikan pengamanan maupun melayani masyarakat yang mudik agar bisa berjalan dengan lancar.

"Arus kendaraan sudah mulai ramai, tapi tetap lancar seperti biasa. Kami juga tetap melakukan pengaturan lalu lintas," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/29/001523478/mudik-2022-simpang-tiga-mengkreng-kediri-jadi-atensi-mabes-polri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke