Salin Artikel

4 Lokasi di Banyuwangi Rawan Macet, Ini Jalur Alternatifnya

Setidaknya ada empat lokasi rawan macet di sepanjang jalur mudik, yang juga telah diantisipasi.

Empat lokasi itu adalah jalan depan Pelabuhan Ketapang dan di depan pasar tumpah, seperti Pasar Blambangan, Pasar Rogojampi, serta Pasar Genteng.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif di titik-titik rawan macet tersebut.

"Intinya jalan-jalan yang akan menuju pasar tumpah di wilayah jalan nasional, itu sudah disiapkan pengalihan alternatifnya," kata Dwi melalui telepon, Rabu (27/4/2022).

Di sebelah barat Pelabuhan Ketapang, terdapat jalan lingkar yang dipersiapkan menjadi jalur alternatif ketika terjadi kemacetan di depan pelabuhan.

Untuk menghindari kemacetan di Pasar Blambangan, pemudik bisa memilih melewati jalan utama Kecamatan Giri tembus Jalan Brawijaya, mulai dari Pertigaan Sukowidi.

Demikian juga sebelum Pasar Rogojampi dari arah Banyuwangi, terdapat jalan alternatif di perempatan Terminal Rogojampi dengan berbelok ke kiri.


Sementara dari arah Kabupaten Jember ke Banyuwangi, bisa melewati jalur barat mulai Pertigaan Lugjag tembus Pertigaan Labanasem, untuk menghindari Pasar Rogojampi.

Antisipasi kemacetan di Kecamatan Genteng disiapkan menggunakan jalur alternatif jalan depan Kantor Camat Genteng dan Lapangan Maron.

Bila masih saja terjadi kemacetan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polresta Banyuwangi untuk melakukan intervensi penguraian lalu lintas.

"Imbauannya menghindari jalur-jalur yang menuju kawasan pasar tumpah. Jadi kalau memang sudah bisa melalui jalur alternatif, sebaiknya menggunakan jalur alternatif saja," kata Dwi lagi.

Menurutnya, potensi kemacetan di Kabupaten Banyuwangi tidak akan sampai parah, karena daerah ini berada di ujung timur Pulau Jawa.

Daerah lain yang memiliki akses mudik dengan daerah-daerah tetangganya, akan memiliki potensi kemacetan yang lebih besar.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/27/150527478/4-lokasi-di-banyuwangi-rawan-macet-ini-jalur-alternatifnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke