Salin Artikel

Jalur Gumitir Rawan Longsor dan Pohon Tumbang, Pemudik Diimbau Waspada

JEMBER, KOMPAS.com - Jalur mudik di Gunung Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, rawan longsor dan pohon tumbang. Para pemudik yang hendak melewati jalur tersebut diminta waspada dan berhati-hati, apalagi ketika sedang terjadi hujan lebat.

Sampai saat ini, belum terlihat peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalur yang menghubungkan Jember dan Banyuwangi itu.

"Untuk sekarang, pemudik yang melewati jalur Gumutir masih landai," kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sempolan, AKP Suhartanto kepada Kompas.com via telepon, Rabu (27/4/2022).

Menurut dia, belum ada kenaikan jumlah kendaraan yang signifikan di jalur tersebut, baik dari arah Banyuwangi ke Surabaya maupun sebaliknya.

Selain itu, beberapa truk muatan barang masih melewati jalur tersebut karena pembatasan truk masih diterapkan pada Kamis, 28 Mei 2022.

Tanto menambahkan, pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan Jember sudah menyediakan pos pengamanan mudik yang terletak di depan rest area Gumitir.

Pihaknya juga melakukan patroli untuk memantau lalu lintas kendaraan di jalur Gumitir, terutama pada titik rawan kecelakaan dan bencana.

"Titik rawan kecelakaan ada di Watu Gudang," ucap dia.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember dan sejumlah relawan untuk tanggap darurat bila ada pohon tumbang maupun longsor.

"Kami imbau agar pemudik tetap hati-hati, kalau ada angin kencang atau hujan, lebih waspada," katanya.

Sementara itu, Alfiah, salah satu pemudik asal Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, melewati jalur Gumitir menggunakan sepeda motor, Rabu. Dia mudik dari Bali.

"Saya mudik dari Bali ke Arjasa, berangkat tadi malam," kata dia.

Dia mengaku sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi Covid-19. Dia memilih mudik ke kampung halaman tahun ini karena sudah diperbolehkan oleh pemerintah.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/27/133740978/jalur-gumitir-rawan-longsor-dan-pohon-tumbang-pemudik-diimbau-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke