Salin Artikel

Puncak Arus Mudik di Bandara Juanda Diprediksi H-2 Lebaran

Saat itu diprediksi akan ada 37.000 penumpang pesawat yang naik maupun turun di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Sementara untuk arus balik diprediksi pada H+4 lebaran atau 7 Mei mendatang dengan perkiraan 39.000 penumpang. 

"Pada hari biasa, rata-rata jumlah penumpang per hari mencapai 22.000. Artinya diprediksi akan ada peningkatan penumpang mencapai 70 persen," kata General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar melalui keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

Menurut Sisyani, jumlah rata-rata penumpang harian di Bandara Juanda mulai menunjukkan peningkatan sejak minggu ketiga April.

"Secara umum memang di awal Ramadhan trafik cenderung turun, terlihat mulai meningkat memasuki minggu ketiga dan kemungkinan masih akan tumbuh hingga mendekati hari H libur lebaran," jelasnya.

Pada pekan pertama hingga kedua, rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 21.000. Kemudian pada pekan ketiga rata-rata 23.000, dan saat ini di pekan keempat yang sudah berjalan empat hari, rata-rata penumpang harian lebih dari 27.000.

Persiapan bandara

Bandara Internasional Juanda Surabaya telah melakukan serangkaian kesiapan menyambut angkutan Lebaran dari sisi keamanan hingga penambahan jam operasional.

Ada penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB dari sebelumnya pukul 05.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Selain itu juga menambah Notice of Airport Capacity (NAC) yakni kemampuan kapasitas bandara melayani penerbangan per jamnya menjadi 30 pergerakan pesawat per jam dari sebelumnya 26 pergerakan per jam.

Dari aspek keamanan, pihak bandara memberlakukan pemeriksaan keamanan secara terpusat atau Centralized Screening Check Point yang bertujuan agar pengawasan pemeriksaan keamanan dapat lebih optimal. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/27/053539978/puncak-arus-mudik-di-bandara-juanda-diprediksi-h-2-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke