Salin Artikel

H-7 Lebaran, Truk Barang Padati Jalan Lumajang-Probolinggo, tapi Masih Sepi Pemudik

Pantauan di lapangan pada Selasa (26/4/2022), truk-truk tampak berlalu-lalang di akses jalan provinsi Lumajang-Probolinggo.

Mulai dari truk yang bermuatan pasir, kayu, buah-buahan, hingga logistik bahan pokok.

Ojik, salah satu sopir truk mengatakan, peningkatan aktivitas armada truk tidak hanya terjadi di Lumajang.

Menurutnya, kondisi itu dipicu oleh larangan angkutan barang untuk beroperasi selama masa mudik sampai arus balik.

"Tadi kabar-kabar sama yang di Pasuruan juga katanya ramai, mungkin karena mau di setop tanggal 28 ini jadi banyak yang kejar setoran," kata Ojik di SPBU Kedungjajang, Selasa (26/4/2022).

Naiknya jumlah angkutan barang yang melintas, tampak tidak sebanding dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat yang hendak mudik.

Terpantau dalam kurun waktu dua jam sejak pukul 15.00 WIB di jalan raya Lumajang-Probolinggo, sangat jarang melintas kendaraan pribadi berpelat nomor luar Lumajang.

Tak hanya itu, di Terminal Minak Koncar Lumajang terpantau sepi pemudik.


Kasatlantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan arus kedatangan pemudik belum tampak signifikan lantaran masih hari aktif kerja.

Prediksinya, pemudik baru akan berdatangan ke Lumajang mulai tanggal 29 April 2022 saat perkantoran telah libur kerja.

Meski begitu, pihaknya telah menyiapkan beberapa pos penjagaan dan pelayanan di titik masuk Lumajang untuk melayani aktivitas mudik hingga arus balik.

Setidaknya 7 pos telah didirikan di Kecamatan Ranuyoso, Jatiroto, Yosowilangun, Kedungjajang, Candipuro, Pronojiwo, dan Lumajang.

"Kami siapkan pos penjagaan untuk mengantisipasi kemacetan, keamanan, hingga jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha Mudiarto mengatakan sepinya pemudik disebabkan lantaran masa cuti bersama baru dimulai tanggal 29 April sehingga arus mudik diperkirakan akan mulai berdatangan berbarengan dengan digelarnya OPS tanggal 28 April

"Prediksi kami nanti bareng sama dimulainya OPS, karena cuti bersama masih tanggal 29 nanti," kata Nugraha

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/26/205552778/h-7-lebaran-truk-barang-padati-jalan-lumajang-probolinggo-tapi-masih-sepi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke