Salin Artikel

Petugas Temukan Produk Kedaluwarsa Masih Dijual di Pasar Modern Bangkalan

Dalam sidak tersebut, petugas menemukan beberapa produk kedaluwarsa.

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo menjelaskan, sidak yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut merupakan agenda rutin Dinas Kesehatan setiap tahun menjelang Idul Fitri. 

"Melakukan sidak terkait dengan bahan makanan menjelang hari raya, memastikan yang dikonsumsi oleh masyarakat Bangkalan dalam keadaan aman," kata Kepala Dinas Kesehatan Sudiyo.

Empat pasar modern atau swalayan yang disidak yaitu di Jalan Pemuda Kaffa, Jalan Trunojoyo, Jalan KH Moh. Kholil, dan di Jalan Ringroad.

Temuan

Dari hasil sidak, Yoyok mengatakan, ada beberapa temuan. Yaitu beberapa produk ditemukan dalam kondisi sudah kedaluwarsa.

Bahkan ada pula beberapa makanan dengan kemasan yang rusak.

"Ada satu produk di situ yang tidak ada izinnya baik industri rumah tangga atau kementerian," kata Yoyok.


Selain itu petugas juga menemukan hal yang sama di lokasi lain.

"Enggak jauh berbeda di sana kemasannya yang rusak penyok dan kedaluarsa. Ada dua kemasan rusak penyok. Ada dua kemasan kedaluwarsa makanan ringan. Bentuknya makanan ringan siap saji," cetus dia.

Petugas akhirnya menyita barang-barang temuan tersebut agar tidak sampai ke tangan konsumen.

Pihaknya memberikan teguran kepada pengelola agar ekstra hati-hati dalam memonitor produk yang dijual.

Warga juga diharapkan teliti dan waspada ketika akan membeli produk.

Jika ditemukan produk kedaluwarsa, warga diharapkan aktif melaporkan kepada petugas mal atau minimarket bahwa kondisi barang sudah rusak.

"Pengelola tentunya peringatan dari kami tetap berhati-hati dan selalu monitor dan evaluasi terhadap produk yang dijual terutama pada produk yang ada kedaluwarsanya," tandas dia.

Terpisah, Sunoko selaku Store Manajer Hyfresh menyebutkan bahwa semua produk yang disajikan kepada warga Bangkalan adalah produk dengan kualitas terbaik.

Perihal temuan petugas hari ini, dia menyebutkan, masa kedaluwarsa produk berakhir hari ini.

"Itu BB yang ditemukan masa kadaluwarsanya barang itu hari ini. Kita tetap melakukan pengecekan setiap hari," kata Sunoko kepada Kompas.com saat dikonfirmasi.

Sunoko menyatakan bahwa barang yang ditemukan dalam kondisi kedaluwarsa biasanya selalu dimusnahkan jika tidak bisa dikembalikan ke distributor.

"Untuk menjelang lebaran ini kita sudah upayakan untuk menjual produk yang kualitas terbaik untuk warga Bangkalan, jadi temuannya hanya itu saja," pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/26/195829778/petugas-temukan-produk-kedaluwarsa-masih-dijual-di-pasar-modern-bangkalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke