Salin Artikel

Terminal Minak Koncar Lumajang Sepi Pemudik, Petugas: padahal Sudah Hampir Lebaran, Bingung Semua Sopirnya

Pantauan di lapangan, Selasa (26/4/2022), aktivitas di Terminal Minak Koncar Lumajang tampak lengang. Hanya beberapa orang yang pergi dan datang melalui terminal ini.

Imron Rosadi, salah satu petugas Dinas Perhubungan Lumajang yang berjaga di Terminal Minak Koncar mengatakan bahwa kondisi sepi ini sudah terasa sejak hari pertama puasa.

Menurutnya, pandemi menjadi faktor paling dominan terhadap sepinya aktivitas penumpang di terminal.

"Bisa dilihat sendiri. Padahal sudah hampir Lebaran masih sepi kayak gini, bingung semua sopir-sopirnya," jata Imron di Terminal Minak Koncar Lumajang, Selasa (26/4/2022).

Kondisi ini memang di luar prediksi pemerintah yang sebelumnya memperkirakan akan terjadi ledakan jumlah pemudik usai dua tahun terjadi pembatasan mobilitas masyarakat.

Imron menambahkan bahwa Lebaran tahun ini, jumlah bus yang beroperasi cenderung menurun.


Biasanya, menurut Imron, sebelum pandemi, ada lebih dari 500 kendaraan yang beroperasi. Namun sekarang hanya berkisar 300 kendaraan.

"Armadanya tambah sedikit yang beroperasi sekarang paling sekitar 300-an itu," tambahnya.

Berbeda dengan Imron, Wawan warga Wonorejo yang sering berada di terminal mengatakan salah satu penyebab terminal sepi saat menjelang lebaran lantaran ada beberapa perusahaan yang menyediakan jasa mudik gratis.

"Ada bus gratis itu, semalam Damri 3 bus berhenti di alun-alun Lumajang," ujar Wawan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/26/182940878/terminal-minak-koncar-lumajang-sepi-pemudik-petugas-padahal-sudah-hampir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke