Salin Artikel

4 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Malang Saat Mudik Lebaran

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, sebelumnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan akan ada 16,8 juta pemudik yang datang ke Jatim.

Dari jumlah tersebut, sekitar 24 persen atau sekitar 4 juta pemudik diprediksi masuk ke Kota Malang.

"Untuk Kota Malang ada 24 persennya yang masuk, tinggal ngitung aja, itu wisatawan aja," kata Sutiaji saat diwawancarai di Balai Kota Malang, Senin (25/4/2022).

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menguatkan PPKM Mikro tingkat RT/RW untuk mengantisipasi euforia dari pemudik yang datang.

"Kita sebagai penerima orang yang datang ke Kota Malang, mudik kali ini ada euforia. Antisipasi lonjakan Covid-19 dengan PPKM Mikro dikuatkan, hotel juga penerapan aplikasi PeduliLindungi, dengan begitu Insyaallah kita kuat," katanya.

Sementara itu sebanyak 1,5 juta pemudik diprediksi masuk ke Kota Batu. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, jumlah tersebut melebihi kunjungan pemudik pada 2019 sebelum pandemi Covid-19. 

"Kota Batu diprediksi akan menerima kunjungan 1,5 juta kendaraan saat hari raya 2019. Tahun 2022 mungkin bisa lebih banyak dari itu," kata Dewanti saat apel pagi di halaman Balai Kota Among Tani, Senin.

Dia juga berpesan kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) yang hadir untuk tetap waspada dan jangan lengah dalam menjaga kondisi kesehatan.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Lurah, Camat dan Kepala Desa untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di masyarakat.

Dewanti juga berharap dengan adanya momen mudik Lebaran bisa mendongkrak kondisi perekonomian di Kota Batu supaya dapat pulih kembali.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/26/062948878/4-juta-pemudik-diprediksi-masuk-malang-saat-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke