Salin Artikel

Pantau Arus Penumpang, Bandara Abd Saleh Malang Dirikan Posko Mudik Lebaran

Posko itu akan difungsikan untuk mengantisipasi meningkatnya arus penumpang pesawat saat mudik lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko menyebutkan, posko itu akan mencatat kedatangan dan keberangkatan penumpang.

Posko itu juga berfungsi untuk pengamanan. Cahyo telah berkoordinasi dengan Pangkalan Lanud, perusahaan ground handling, tim karantina, maskapai, dan Pertamina.

"Mudah-mudahan seluruh pemangku kepentingan siap melaksanakan angkutan lebaran. Kita sudah lakukan komunikasi dan diharapkan normal," ungkapnya saat ditemui di Kantor Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Senin (25/4/2022).

Selain itu, pemantauan terhadap layanan penerbangan. Seperti apabila terjasi antrean yang terlalu panjang, maka petugas posko akan membuka dua antrean pemeriksaan sinar x.

Kemudian menyiapkan antisipasi apabila terdapat keluhan dari penumpang.

"Petugas posko akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan yang ada di bandara ini. Sebab, Dinas Perhubungan tidak bisa melakukan semua. Misalkan ada bagasi ketinggalan, tidak mungkin UPT bandara yang mengantar, tapi kami kontak pihak airline," pungkasnya.

Cahyo menyebut, diprediksi jumlah penumpang pesawat akan meningkat menjelang lebaran mendatang. Sampai saat ini, rata-rata okupansi penumpang mencapai 85-90 persen per hari.

"Menjelang lebarang, diperkirakan okupansi penumpang meningkat lagi sebanyak 90-100 persen per hari," jelasnya.

Jumlah penerbangan saat ini sebanyak empat penerbangan, untuk rute Malang-Surabaya atau sebaliknya.

"Untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan penumpang, kita sudah menambah 1 penerbangan, mulai tanggal 24-30 April, 1 Mei, dan 5-10 Mei 2022," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/25/220145978/pantau-arus-penumpang-bandara-abd-saleh-malang-dirikan-posko-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke