Salin Artikel

Hadapi Arus Mudik, Bandara Abd Saleh Malang Tambah Satu Penerbangan Ekstra

MALANG, KOMPAS.com - Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, akan menambah satu extra flight atau penerbangan tambahan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Otoritas bandara memprediksi, permintaan penumpang pesawat menjelang Lebaran akan meningkat signifikan dibanding hari-hari biasanya.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko mengatakan, penambahan satu extra flight itu untuk maskapai Citilink.

"Extra flight ini berlaku pada tanggal 24-30 April, 1 Mei, dan 5-10 Mei 2022," ungkapnya saat ditemui di Kantor Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Senin (25/4/2022).

Selama ini, jumlah penerbangan di Bandar Udara Abdurrachman Saleh per hari sebanyak empat penerbangan dengan rute Malang-Jakarta. Keempat penerbangan itu berasal dari maskapai Garuda Indonesia satu kali, Citilink satu kali dan Batik Air dua kali penerbangan.

"Cuma untuk Garuda Indonesia ini tidak setiap hari, hanya hari Rabu dan Sabtu," tuturnya.

Sementara ini, rata-rata okupansi penumpang untuk empat kali penerbangan yakni mencapai 85-90 persen. Jumlah itu meningkat 20 persen dibanding sebelum Bulan Ramadhan.

"Kami memperkirakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, sebelum pandemi Covid-19, peningkatan okupansi penumpang akan terjadi pada saat memasuki cuti Lebaran, yakni H-5 dan H+5 lebaran," ujarnya.

"Kalau arus mudik biasanya yang banyak penumpang dari Jakarta ke Malang, tapi kalau arus balik penumpang dari Malang ke Jakarta yang banyak," imbuh Cahyo.

Untuk mengantisipasi banyaknya calon penumpang, Bandar Udara Abdurrachman Saleh sudah menyediakan posko.

"Posko ini berfungsi untuk melayani penumpang dan memantau arus penerbangan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/25/173722278/hadapi-arus-mudik-bandara-abd-saleh-malang-tambah-satu-penerbangan-ekstra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke