Salin Artikel

Mudik 2022, Penumpang di Terminal Arjosari Kota Malang Mulai Meningkat

MALANG, KOMPAS.com - Arus mudik di Terminal Arjosari, Kota Malang, Jawa Timur, mulai terlihat, Senin (25/4/2022) siang. Jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang dan bus mulai meningkat.

Berdasarkan data yang diperoleh Kompas.com dari otoritas Terminal Arjosari, pada Minggu (24/4/2022), jumlah penumpang yang berangkat ke luar daerah mencapai 2.375 orang dengan 302 bus semua kategori.

Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan jumlah penumpang pada pekan lalu. Pada Selasa, 19 April 2022, jumlah penumpang yang berangkat ke luar daerah sebanyak 1.869 orang dengan 261 bus semua kategori.

Begitu juga dengan jumlah kedatangan penumpang. Pada Minggu (24/4/2022), jumlahnya mencapai 1.199 orang dengan 274 bus semua kategori.

Sedangkan, pada Rabu, 20 April 2022, jumlah kedatangan penumpang dari luar daerah masih 660 orang dengan 251 bus semua kategori.

Koordinator Satuan Pelaksana (Koorsatpel) Terminal Arjosari, Hadi Supeno membenarkan bahwa saat ini di Terminal Arjosari mulai ada peningkatan mobilitas penumpang dan bus. Tetapi peningkatan khususnya untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) masih belum signifikan.

"Memang untuk AKAP pantauan dari kondisi di lapangan sudah mulai ada sedikit peningkatan dibandingkan hari normal," kata Hadi Supeno saat diwawancara di kantornya, Senin.

Dia memperkirakan, puncak arus mudik di Terminal Tipe A itu akan terjadi mulai H-4. Namun, pihaknya belum bisa memprediksi persentase peningkatan jumlah penumpang dan bus.

Tetapi, jika melihat arus mudik sebelum pandemi Covid-19, yakni pada tahun 2019, jumlah penumpang akan naik drastis menjelang Lebaran. Menurut Hadi Supeno, pada H-3 Lebaran 2019, jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang bisa mencapai di atas 6.000 orang.

"Puncaknya biasanya AKAP itu mulai H-4, tapi kita belum bisa memprediksi jumlahnya karena sulit kalau di terminal ini, karena bus ini biasanya alternatif terakhir setelah pesawat dan kereta api," katanya.


Hadi memperkirakan, kedatangan dan keberangkatan penumpang arus mudik dan balik Lebaran didominasi dari dan menuju Jakarta.

"Kalau yang berangkat itu, biasanya orang Malang ingin merantau cari pekerjaan di Jakarta, selain itu rata-rata Tangerang, Bandung dan Jawa Tengah," katanya.

Hadi mengatakan, Kota Malang menjadi salah satu dari empat daerah di Jatim yang diprediksi akan kedatangan pemudik terbanyak. Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur memprediksi akan ada 16,8 juta orang yang akan mudik ke Jatim pada tahun ini.

Hadi menyebut, pihaknya telah menyiapkan fasilitas sarana dan sumberdaya manusia untuk mendukung kelancaran momen mudik Lebaran.

"Kami juga ada pos kesehatan bagi pemudik yang agak sakit atau seperti apa bisa beristirahat dulu, kemudian petugas yang ada kami maksimalkan, tidak ada libur, baik untuk keamanan atau pemberian informasi kepada penumpang, mereka bertugas secara bergantian dari pagi ketemu pagi," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/25/154740778/mudik-2022-penumpang-di-terminal-arjosari-kota-malang-mulai-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke