Salin Artikel

Prediksi Kemacetan Arus Mudik di Nganjuk serta Jalur Alternatif yang Bisa Dilalui

NGANJUK, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mencatat ada tiga titik rawan macet di wilayah Kabupaten Nganjuk selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Titik macet pertama ada di Simpang Empat Kertosono yang berada di sebelah barat Sungai Brantas.

Persis di timur Simpang Empat Kertosono atau tepatnya di timur Sungai Brantas, terdapat Simpang Tiga Mengkreng di Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Simpang Tiga Mengkreng merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Nganjuk, Kediri, dan Jombang.

“Titik macet itu biasanya di Kertosono, Mengkreng, itu sudah pantauan nasional,” jelas Sekretaris Dishub Kabupaten Nganjuk, Sujito, saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Jumat (22/4/2022).

Kedua, titik macet di wilayah Kabupaten Nganjuk ada di Jalan Raya Surabaya-Madiun, tepatnya di Dusun Awar-awar, Desa Mancon, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk.

Titik kemacetan ketiga diprediksi akan terjadi di pusat Kota Nganjuk.

“Kemudian kalau di tengah kota ya perempatan Jalan Veteran, Jalan Wilis, dan Jalan Yos Sudarso. Itu biasanya,” tutur Sujito.

Siapkan jalur alternatif

Untuk mengurai kemacetan, kata Sujito, pihak Dishub Kabupaten Nganjuk telah menyiapkan jalur-jalur alternatif.

Di antaranya, jika terjadi kemacetan di Simpang Empat Kertosono, maka kendaraan menuju Surabaya bisa diarahkan ke jalur Patianrowo-Lengkong-Jatikalen-Jombang.

Sementara kendaraan menuju Kediri bisa diarahkan ke jalur Ngronggot-Prambon-Kediri.

“Kemudian agak ke barat kalau mau ke Kediri bisa (lewat) jalur Jogomerto, Tanjunganom, dan ke selatan. Itu beberapa alternatif kalau terjadi kemacetan,” beber Sujito.


Lalu untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Surabaya-Madiun di Awar-awar, Dishub Kabupaten Nganjuk juga sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif.

“Kalau dari arah barat itu bisa diarahkan ke utara, jadi melewati Awar-awar, SMP 1 Wilangan dan seterusnya. Kalau ke selatan bisa diarahkan ke kanan, Sudimoroharjo Wilangan itu sampai nanti tembus Sawahan,” sebutnya.

Sujito melanjutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga dan Pengelola Jalan Tol Ngawi-Kertasono. Koordinasi ini dilakukan untuk megantisipasi kemacetan di jalan tol.

“Seandainya terjadi kemacetan atau trouble di jalan tol, itu memang rencananya nanti (kendaraan) akan diturunkan di Exit Tol Begadung, Nganjuk,” pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/22/135935478/prediksi-kemacetan-arus-mudik-di-nganjuk-serta-jalur-alternatif-yang-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke