Salin Artikel

Jelang Mudik Lebaran, Simak Beberapa Titik Rawan Macet di Kabupaten Malang

Arus mudik tahun ini diprediksi meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini setelah pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran dengan sejumlah syarat.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan, akan menerjunkan 418 personel gabungan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 untuk melakukan pengamanan mudik Lebaran 2022.

"Setiap personel itu akan di tempatkan di tujuh pos pelayanan dan satu pos pengamanan," ungkapnya saat ditemui di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Malang, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, para personel itu akan ditempatkan di pos yang tersedia di beberapa destinasi wisata Kabupaten Malang, untuk mengantisipasi adanya potensi lonjakan wisatawan.

Sementara itu, Polres Malang telah memetakan beberapa titik yang diperkirakan rawan macet. Seperti, exit tol Lawang, exit tol Singosari, Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Karangploso menuju ke arah Kota Batu, dan Kecamatan Sumberpucung yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar.

"Apabila terjadi kemacetan, beberapa opsi rekayasa lalu lintas telah kita siapkan," tutur Ferli.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Kasatlantas Polres) Malang AKP Agung Fitransyah memerinci rekayasa lalu lintas dengan mekanisme semi satu arah di kawasan Jalan Raya Karanglo, Kecamatan Karangploso, menuju Kota Batu, apabila terjadi kepadatan.

"Tinggal kita lihat nanti, kepadatananya ke arah Kota Batu atau ke arah sebaliknya," jelasnya.

Sedangkan apabila terjadi kepadatan di kawasan exit tol Lawang atau exit Tol Singosari, maka kepadatan kendaraan akan diurai dengan cara diarahkan ke exit tol Pakis dan exit tol Madyopuro, Kota Malang.

"Untuk saat ini tren kenaikan kendaraan yang masuk Kabupaten Malang belum ada. Kami memprediksi kenaikan itu terjadi pada 28 April mendatang," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/22/121534878/jelang-mudik-lebaran-simak-beberapa-titik-rawan-macet-di-kabupaten-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke