Salin Artikel

Exit Tol Leces Probolinggo Jadi Titik Rawan Macet Jelang Mudik Lebaran

Salah satunya adalah Exit Tol Leces yang menjadi pintu masuk dan keluar tol di ujung Pulau Jawa. 

"Untuk daerah yang berpotensi terjadi macet, kami lihat ada tiga lokasi yang memiliki kemungkinan besar nantinya. Kemungkinan di Exit Tol Leces, Kecamatan Dringu, dan Kecamatan Paiton,” kata Arsya kepada Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Arsya menuturkan, Exit Tol Leces merupakan akses terakhir tol bagi pengendara yang hendak ke Probolinggo, Jember, Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi maupun arah sebaliknya.

Terlebih akses Exit Tol Leces ke jalur Pantura termasuk titik bottle neck yang menyempit.

Lebar jalan tol yang tidak sama dengan lebar jalur Pantura berpotensi membuat kemacetan di exit tol saat terjadi kepadatan kendaraan.

Sedangkan untuk kemacetan di jalur Pantura Dringu dan Paiton disebabkan jalur yang sempit.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Arsya mengerahkan personel pengamanan arus mudik Lebaran.

“Kami akan memberikan informasi terkait pos pelayanan serta tips-tips keamanan bagi masyarakat yang mudik meninggalkan rumah. Kami siapkan tiga pos di Probolinggo yang akan memberikan infromasi kepada masyarakat,” ujar Arsya.

Selain itu, ada juga rest area khusus yang akan didirikan. Pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menciptakan mudik aman dan sehat.

Ia memperkirakan ada sekitar 16 juta warga yang akan mudik ke Jatim. Belasan juta kendaraan juga diprediksi akan masuk wilayah tersebut. 

Sementara itu, Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ponsen Dadang M mengatakan, Satlantas akan menggelar operasi terpusat pada 28 April mendatang.

Mudik kali ini diprediksi ramai lantaran sudah dua tahun masyarakat dilarang melakukan mudik imbas pandemi Covid-19.

Ponsen mengungkapkan akan ada tiga titik pos pelayanan dan pengamanan yakni di Leces, Kraksaan, dan Paiton selama mudik Lebaran. 

“Kami kerahkan pasukan selama 24 jam dari Satlantas yang tidak diliburkan khusus Lebaran nanti. Tol Leces merupakan yang paling ujung di Jawa dan juga menjadi pusat keluar masuknya masyarakat di Jawa, tentunya potensi kemacetan sangat tinggi,” tandasnya. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/21/164342278/exit-tol-leces-probolinggo-jadi-titik-rawan-macet-jelang-mudik-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke