Salin Artikel

Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, 2 Truk Penambang Pasir Terjebak dan Terseret

LUMAJANG, KOMPAS.com - Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang, Selasa (19/4/2022). Akibatnya, dua truk pasir yang berada di area pertambangan di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terjebak.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, salah satu truk terseret hingga 100 meter dan terguling akibat derasnya aliran lahar dingin.

Kejadian bermula saat dua truk milik Final dan Munir, warga Desa Kasiyan, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sedang mengambil pasir.

Saat hendak keluar dari area tambang usai memenuhi truknya dengan pasir, ban belakang salah satu truk itu mengalami selip hingga tidak bisa bergerak.

Sedangkan, pada waktu yang bersamaan terjadi hujan lebat di wilayah gunung yang menyebabkan banjir lahar dingin.

"Tadi sudah mau keluar, tiba-tiba ban belakang itu selip dan tidak bisa bergerak sama sekali," kata Final saat ditemui, Selasa (19/4/2022).

Melihat derasnya aliran banjir, Final dan Munir menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Namun, kerugian materi akibat kejadian itu cukup banyak lantaran kondisi truk rusak parah usai terseret dan terguling.

Final menambahkan, pihaknya akan mengevakuasi truknya menggunakan alat berat karena arus lahar masih deras dan kondisi cuaca yang masih mendung.

"Besok (hari ini) baru saya angkat pakai bantuan alat berat karena laharnya masih deras dan cuaca masih mendung, khawatir ada banjir susulan," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, telah berulang kali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 500 meter dari sempadan sungai yang menjadi aliran lahar Semeru. Sebab, status Gunung Semeru masih bertahan di Level III Siaga dan ancaman bahaya bisa muncul kapanpun.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 500 meter dari sempadan sungai yang dialiri lahar Semeru," imbau Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi beberapa waktu lalu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/20/070111678/banjir-lahar-dingin-gunung-semeru-2-truk-penambang-pasir-terjebak-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke