Salin Artikel

Pengungsi Semeru Dipastikan Pindah ke Hunian Tetap Sebelum Lebaran

Pasalnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan proses pemindahan pengungsi Semeru akan dilakukan sebelum hari raya Idul Fitri.

"Saya pastikan sebelum Lebaran untuk pemindahan antara tanggal 25-27 April ini," kata Thoriq usai meninjau progres pembangunan Jembatan Gantung Gladak Perak, Selasa (19/4/2022).

Menurut Thoriq, kini progres hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, sedang dikebut.

Khusus blok percepatan, proses pembersihan rumah dan memasukkan perabotan rumah tangga sudah dimulai.

"Sekarang sudah mulai dibersihkan dan memasukkan perabotan rumah tangga, saya pastikan sudah siap sebelum Lebaran," tambahnya.

Thoriq menyebut, dalam proses pengerjaannya memang tidak mulus seperti yang direncanakan awal.

Pembangunan huntap yang lebih cepat dibanding perkiraan awal dan adanya kemacetan pengerjaan huntara menjadi dinamika yang turut mengikuti perjalanan pembangunan tempat relokasi.

"Sekarang sedang melakukan percepatan yang connecting antara huntara dan huntap karena ada huntara dan huntap yang ternyata tidak sejajar. Nah ini akan kita sesuaikan," tambahnya.

Sementara itu, proses pemindahan pengungsi nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap awal akan diprioritaskan bagi pengungsi yang masih menempati tenda pengungsian di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Namun, bukan berarti rencana awal untuk penataan penduduk sesuai dusun dan desa yang dulu ditempati akan gagal.

Menurut Thoriq, usai semua bangunan siap dihuni, maka akan dilakukan penyesuaian ulang untuk melakukan penataan.

"Prioritas sekarang yang berada di pengungsian, nanti akan kita sesuaikan lagi dengan blok dan dusun masing-masing," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/19/195639078/pengungsi-semeru-dipastikan-pindah-ke-hunian-tetap-sebelum-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke