Salin Artikel

Fenomena Tanah Bergerak di Blitar, Warga Robohkan 2 Rumah karena Berbahaya

BLITAR, KOMPAS.com - Dua dari tujuh rumah warga yang retak parah akibat fenomena tanah bergerak di Desa Kebonsari, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, telah dirobohkan oleh pemiliknya.

Warga merobohkan rumah mereka karena menganggap keretakan bangunan sudah terlalu parah dan membahayakan.

Kepala Desa Kebonsari Subakri mengatakan, awalnya hanya satu rumah yang dirobohkan, namun segera disusul oleh satu warga lainnya yang lokasinya berdekatan.

"Yang pertama itu rumah Bu Sulastri (54), terus beberapa hari kemudian rumah Pak Sungkono. Keputusan itu dapat dimaklumi karena sudah membahayakan, rumah bisa roboh sewaktu-waktu," ujar Subakri saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (18/4/2022).

Menurut Subakri, lima rumah lain yang mengalami kerusakan dengan tingkat berbeda-beda rencananya juga akan dirobohkan. Namun, warga masih menunggu kepastian tempat tinggal selanjutnya sebelum melakukannya.

"Sekarang ini, yang kondisinya juga sudah membahayakan adalah rumah Pak Sukardi. Sementara, kalau hujan deras Pak Sukardi dan keluarga mengungsi ke rumah tetangga," jelasnya.

Diketahui, tujuh rumah warga mengalami kerusakan akibat fenomena tanah bergerak. Kerusakan ringan mulai terjadi pada 10 dan 23 Maret 2022. Beberapa hari selanjutnya, terjadi pergerakan tanah cukup cepat dan tujuh rumah yang saling berdekatan itu mengalami keretakan bangunan cukup parah.

Patahan dan tanah ambles terlihat di pekarangan sekitar tujuh rumah tersebut. Selain itu, jalan raya yang merupakan jalan kabupaten yang ada di dekat rumah tersebut juga ambles dan retak.

Kamis (14/4/2022) pekan lalu, tim dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengobservasi langsung ke lokasi yang terletak di wilayah pegunungan karst dan kapur di selatan Kabupaten Blitar tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Izul Marom mengatakan, salah satu hasil kajian cepat PVMBG menyebutkan adanya potensi kondisi yang memburuk dan semakin membahayakan warga di lokasi.

"Karena itu, hari ini kami bersama Ibu Bupati akan melihat langsung kondisi di sana sebelum mengambil tindakan cepat penyelamatan warga terdampak," ujar Izul kepada Kompas.com, Senin.

Izul mengatakan, relokasi warga ke lokasi baru yang lebih aman dan berada di luar zona tanah bergerak sepertinya tidak dapat dihindarkan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/18/131449478/fenomena-tanah-bergerak-di-blitar-warga-robohkan-2-rumah-karena-berbahaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke