Salin Artikel

BLT Minyak Goreng di Banyuwangi Mulai Disalurkan untuk 124.047 KPM

Masing-masing KPM mendapatkan BLT minyak goreng sebesar Rp 100 ribu per bulan untuk April, Mei, dan Juni. Sehingga BLT minyak goreng diberikan sekaligus sebesar Rp 300.000.

Bantuan didistribusikan oleh PT Pos Indonesia di sejumlah kantor desa.

Kepala Kantor Pos Banyuwangi Trian Nugroho mengatakan, pihaknya akan mengantar BLT pada keluarga yang tidak bisa mengambilnya ke kantor desa setelah berkoordinasi dengan kepala desa.

“Misalnya lansia sakit. Kami berkoordinasi dengan pihak desa siapa saja yang memang berhalangan. Nanti kami yang akan mengantarkan bantuan ke rumah-rumah mereka,” kata Trian melalui keterangan tertulis, Kamis (14/4/2022).

KPM yang berhalangan mengambil BLT saat PT Pos Indonesia datang ke kantor desa, juga bisa memproses pengambilan di Kantor Pos terdekat sampai batas waktu tanggal 28 April 2022.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB (Dinsos PPKB) Banyuwangi Henik Setyorini mengatakan, pembagian BLT minyak goreng juga dibarengi pembagian Bantuan Sosial Pangan (BSP) jatah Mei senilai Rp 200 ribu per bulan.

Hal itu bisa dilakukan karena penerima BLT minyak goreng ini adalah juga warga penerima BSP, sekaligus bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Dengan jumlah penerima BLT minyak goreng dan BSP, maka pada April 2022 akan disalurkan total bantuan sekitar Rp 62 miliar untuk 124.047 keluarga tersebut.

“Jadi masing-masing KPM akan menerima langsung dua bantuan, BSP untuk jatah bulan Mei dan BLT minyak goreng jatah bulan April sampai Juni. Total yang diterima Rp 500 ribu,” kata Henik.

Pembagian bantuan, juga diiringi program vaksinasi Covid-19, agar KPM yang belum tervaksin lengkap bisa mengikutinya di sana.

Umi Hidayah, salah satu warga Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, mengaku terbantu mendapatkan BLT minyak goreng.

“Alhamdulillah bisa buat beli minyak goreng dan kebuituhan dapur lainnya. Ini sangat membantu kami,” kata Umi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/16/092714478/blt-minyak-goreng-di-banyuwangi-mulai-disalurkan-untuk-124047-kpm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke