Salin Artikel

Arus Mudik Diprediksi Ramai, Pertamina Jamin Stok BBM Aman di Malang Raya Saat Lebaran

Hal ini menyusul kebutuhan BBM pada momen Lebaran mendatang yang diprediksi meningkat karena mudik diizinkan oleh pemerintah. 

Section Head Communication Relation Pertamina Patra Niaga Jatim Balinus, Arya Yusa Dwi Candra mengatakan, kebutuhan BBM di wilayah Malang Raya diperkirakan akan naik 11-15 persen dari rata-rata normal harian. 

"Untuk jenis gasoline seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo itu kenaikan konsumsi sekitar 11 sampai 15 persen, karena diperkirakan arus mudik nanti jalur darat sudah seperti normal," kata Arya saat dihubungi via telepon pada Kamis (14/4/2022).

Pihaknya akan menyiagakan sebanyak 81 SPBU dan 40 Pertashop yang ada di seluruh wilayah Malang Raya.

Pertamina juga akan mengantisipasi terjadinya kekosongan BBM saat Lebaran nanti dengan sejumlah upaya. 

"Di Kota Batu itu kami akan standby-kan satu truk tangki di salah satu SPBU supaya ketika kosong tidak menunggu. Jadi langsung bisa di-backup karena banyak tempat wisata diperkirakan banyak wisatawan juga, di Pasuruan sama di tol rest area dari Malang ke Surabaya juga semacam itu," katanya.

Soal keterlambatan penyaluran BBM di salah satu Pertashop atau SPBU mini yang pernah terjadi, menurutnya, hal itu di luar prediksi.

Kapasitas normal Pertashop adalah 400 sampai 500 liter per hari. Namun karena kebutuhan masyarakat yang meningkat, dalam sehari bisa mencapai 2.000 liter.

Pihaknya memastikan akan melakukan penyesuaian terkait persoalan tersebut. 

"Saat ini masyarakat lebih suka ke Pertashop dan itu bisa menyentuh angka sampai 2.000 liter, jadi kewalahan. Kami lakukan penyesuaian lagi, saat itu memang ada keterlambatan tetapi tidak sampai satu hari atau enam jam dan itu tergolong cepat," ungkapnya.

Salah satu konsumen BBM di SPBU Pertamina, M Bagus mengaku beberapa hari lalu dirinya sempat kesusahan mencari BBM jenis Pertalite di beberapa SPBU di Kota Malang.

Dia berharap hal itu tidak terulang kembali saat momen Lebaran.

"Rumah saya Pakis, waktu itu Bamban, Ampeldento, terus saya kerja di Kota Malang di Tlogomas juga kosong posisi pagi. Jadi beli di SPBU lainnya, tapi yang tadi itu sekarang sudah normal lagi saya lihat," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/14/152849878/arus-mudik-diprediksi-ramai-pertamina-jamin-stok-bbm-aman-di-malang-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke