Salin Artikel

Kondisi Terkini Tunjungan Plaza Usai Kebakaran, Pelayanan Vaksinasi di TP 1 Tetap Beroperasi

Adapun pokok api berhasil dipadamkan pada pukul 18.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, TP 1 hingga TP 6 tetap beroperasi, kecuali TP 5 yang untuk saat ini masih ditutup untuk pengunjung.

Saat ini, Tim Laboratorium Forensik Polda Jatim juga melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran di TP V.

Saat berkeliling di dalam mal tersebut, semua outlet yang ada di TP 1, 2, 3, 4 dan TP 6 terlihat beroperasi. Di berbagai gerai yang ada di dalam mal itu, juga tampak dikunjungi banyak pengunjung.

Aktivitas tetap berjalan seperti biasa dan jumlah pengunjung dalam kondisi normal.

Direktur PT Pakuwon Jati Tbk pengelola Tunjungan Plaza Sutandi Purnomosidi memastikan bahwa kondisi Tunjungan Plaza sudah aman. Alasan itu juga yang melatar belakangi Tunjungan Plaza tetap beroperasi hari ini.

"Dari TP 1 sampai TP 6, aman. Kecuali TP 5 harus ditutup dulu, karena harus diolah TKP oleh Tim Labfor (Polda Jatim)," kata Sutandi, Kamis (14/4/2022).

"Hari ini (pelayanan vaksinasi) masih akan tetap berjalan," ujar Sutandi.

Menurut dia, di dalam gedung Tunjungan Plaza, sebenarnya sudah dinyatakan aman. Pasalnya, di bagian dalam gedung tak ada yang terbakar.

Saat terjadi insiden kebakaran, hanya terdapat asap mengepul masuk ke dalam gedung yang bersumber dari luar gedung.

"Jadi, kebakran itu terjadi di dinding luar gedung saja, bukan di dalam gedung. Makanya, kalau masuk ke TP 5, dalamnya tidak ada yang terbakar. Karena api itu dari luar," jelas dia.

Dugaan sementara, kata Sutandi, sumber awal munculnya api hingga mengakibatkan dinding luar gedung bagian atas terbakar, diduga karena mesin pendingin ruangan mengalami korsleting di lantai 10

"Dan sumbernya diperkirakan dari lantai 10 karena konslet. Tapi dari TP 1 sampai TP 6 sudah aman," ujar dia.

Saat ini, lanjut Sutandi, pihak pengelola akan melekukan pembersihan di dalam gedung TP 5 sambil menunggu hasil investigasi dari Tim Labfor Polda Jatim.

"Sementara ini kita harus bersih-bersih, karena dampak dari penyiraman semalam. Karena di dalam menimbulkan kebanjiran di dalam. Semua sudah normal sekarang," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan, Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur mengalami kebakaran sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (13/4/2022).

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kebakaran di salah satu mal terbesar di Kota Surabaya itu.

Beruntung, api pokok segera dipadamkan sehingga tak sampai ada korban jiwa karena para pengunjung bergerak cepat menyelamatkan diri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/14/131340678/kondisi-terkini-tunjungan-plaza-usai-kebakaran-pelayanan-vaksinasi-di-tp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke