Salin Artikel

Tekan Risiko Banjir, Kota Malang Bangun Danau Buatan

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Malang sedang membangun danau buatan atau bozem sebagai antisipasi atas banjir yang sering terjadi di wilayah RW IX Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Danau tersebut dibangun dengan lebar sekitar 30,5 meter, panjang 39 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Daya tampung danau akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan kapasitas kolam yang sudah ada saat ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi mengatakan, kawasan Jalan Borobudur dan sekitar persimpangan Blimbing sering banjir saat dilanda hujan. Harapannya, pembangunan danau itu menjadi solusi atas masalah banjir tersebut.

"Kami sudah komunikasikan dengan masyarakat. Desain pengembangan bozem ini juga mengakomodir sejumlah aspirasi,” kata Diah saat meninjau lokasi pembangunan danau buatan itu, Rabu (13/4/2022).

Diah mengungkapkan, danau itu nantinya tidak hanya berfungi sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana hidrometeorologi. Melainkan, juga akan berfungsi untuk tempat berlibur warga.

"Jadi nantinya tidak hanya untuk menampung air saja, tapi juga bisa untuk refreshing warga dan pemberdayaan ekonomi. Tumpang sari lah istilahnya," katanya.

Selain itu, Diah menyebut, bozem Blimbing itu juga berfungsi untuk meningkatkan cadangan air tanah, seperti tata ruang Kota Malang di era kolonial Hindia Belanda.

Ketua RW IX Kelurahan Blimbing, Budi mengatakan, pihaknya mendukung adanya pembangunan tersebut karena sesuai dengan harapan warga.

"Selain fungsi utama sebagai tampungan air, akan ada jogging track dan taman, serta kolam yang dapat dikembangkan sebagai area budidaya perikanan kota," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/13/170928678/tekan-risiko-banjir-kota-malang-bangun-danau-buatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke