Salin Artikel

Sekeluarga di Jombang Diduga Keracunan Makanan, 1 Korban Meninggal

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak lima orang dalam satu keluarga di Dusun Grudo, Desa Madyopuro, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diduga keracunan makanan.

Akibat kejadian itu, satu orang meninggal dunia pada Selasa (12/4/2022) petang. Sedangkan empat korban lainnya menjalani perawatan medis, satu di antaranya kondisinya mulai membaik.

Kepala Dusun Grudo, Sudiono mengungkapkan, para korban yang diduga keracunan makanan itu yakni Slamet M Yusuf (25) dan istrinya, Suji Mistiari (23).

Korban lainnya, yakni anak dari Slamet dan Suji, Mareta Putri Regina (13) dan Savara Malaika Bilqis (7), serta orang tua Slamet, Asmiadi (73).

Selain 5 orang dalam satu keluarga, ada korban lainnya, yakni Sutaji (42), tukang kayu yang bekerja di rumah Slamet.

Sudiono mengatakan, korban yang meninggal dunia adalah Savara Malaika Bilqis (7). Korban sudah dimakamkan pada Selasa petang.

“Kata ibunya (Suji), tau-tau anaknya (Savara) itu sudah meninggal. Awalnya dikeloni (dipangku) waktu tidur, pas bangun tau-tau anaknya sudah kaku,” kata Sudiono, Selasa malam.

Dia menjelaskan, di dalam kamar korban terdapat banyak bekas muntahan dan kotoran.

Hampir semua orang dalam satu rumah mengalami kondisi serupa. Semua korban menunjukkan gejala keracunan yang sama, yakni muntah, pusing dan diare.


Sudiono menuturkan, berdasarkan penelusuran, keluarga itu mengonsumsi ayam goreng yang dimasak Suji Mistiari pada Minggu (10/4/2022) petang.

Setelah mengonsumsi ayam goreng tersebut, semua orang sekeluarga merasakan gejala keracunan, termasuk Sutaji yang pada hari itu bekerja membenahi teras rumah Slamet.

“Malamnya setelah makan itu, merasakan mual, pusing-pusing dan diare. Tapi mereka tidak periksa, karena menganggap itu sakit biasa,” ungkap Sudiono.

Petugas dari Puskesmas Sumobito, Nukus mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang telah mengumpulkan sisa-sisa makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan.

“Tadi sudah mengambil sampel yang akan dilakukan pemeriksaan di lab Dinas Kesehatan. Tadi (yang dikumpulkan) ada tulang ayam, sambel papeda dan melon,” ujar dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/231633078/sekeluarga-di-jombang-diduga-keracunan-makanan-1-korban-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke