Salin Artikel

Rencana Penertiban Pasar Tumpah Lumajang, Ini Tanggapan Pedagang

LUMAJANG, KOMPAS.com - Rencana polisi mengurai kemacetan jelang Lebaran dengan menertibkan Pasar Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, bakal menemui kendala. Sebab, pedagang pasar yang sering disebut pasar tumpah keberatan dengan skema penataan.

Rohmad, pedagang pisang itu mengatakan, proses pemindahan tidak akan semudah yang direncanakan. Rohmad menyebut, kemacetan di lokasi itu bukan karena pedagang yang ada di pinggir jalan, melainkan kendaraan yang bongkar muat barang dagangan.

"Sebenarnya bukan pedagang ini yang buat macet, tapi mobil yang bongkar muatan itu kan banyak dan di dalam penuh jadi antre sampai ke jalan," kata Rohmad di sela berjualan, Selasa (12/4/2022).

Rencananya, skema mengurai kemacetan akan dilakukan dengan memindahkan pedagang baju yang sekarang ada di belakang untuk pindah ke depan. Sedangkan pedagang pisang akan dipindah ke belakang.

Padahal, pedagang baju di pasar itu belum lama dipindah ke belakang. Sebelumnya, pedagang baju menempati posisi bagian depan.

"Ini belum lama penjual baju dipindah ke belakang, apalagi untuk pindah biayanya mereka tanggung sendiri," tambahnya.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho mengaku sudah berkoordinasi dengan pedagang dan dinas terkait untuk mengantisipasi kemacetan jelang Lebaran di pasar itu.

"Kami koordinasi dengan dinas terkait dan pedagang dalam mengatasi persoalan ini. Sehingga persoalan kemacetan yang menjadi rutinitas di area tersebut bisa teratasi," ujar Bayu.

Selain menghalau agar pedagang tidak sampai tumpah ke jalan, rencananya di beberapa titik jalur mudik akan didirikan pos yang akan bersiaga selama 24 jam. Pos itu untuk mengurai kemacetan dan untuk mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

"Kami cari solusi bersama sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat dengan demikian keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bisa berjalan aman," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/195503978/rencana-penertiban-pasar-tumpah-lumajang-ini-tanggapan-pedagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke