Salin Artikel

300 KK Penyintas Erupsi Gunung Semeru Segera Direlokasi ke Hunian Tetap Sumbermujur

Ketua tim pembangunan hunian sementara (huntara) Pemkab Lumajang Nugroho Dwi Atmoko mengatakan, pemindahan akan dilakukan secara bertahap minggu ini.

Namun, Nugroho belum bisa memastikan waktu relokasi ke hunian tetap. Sebab, masih menyesuaikan kondisi lapangan dan kebijakan pemerintah.

"Targetnya minggu ini dipindahkan tapi nanti disesuaikan lagi dengan kondisi dilapangan dan kebijakan pemerintah," kata Nugroho melalui sambungan telepon, Senin (11/4/2022).

Nugroho menyampaikan, proses pemindahan tahap pertama akan melibatkan 300 keluarga yang kini masih berada di pengungsian Desa Penanggal.

"Sekitar 300 lebih yang artinya semua yang di lapangan bisa ter-cover, untuk teknisnya nanti kita akan bahas lagi karena jumlah pengungsi di lapangan semakin berkurang," jelasnya.

Nugroho menambahkan, beberapa huntara yang sudah diserahterimakan non governmental organization (NGO) kepad apemerintah ternyata ada yang tak memenuhi kualifikasi.

Beberapa huntara itu diketahui belum memiliki instalasi listrik, sarana sanitasi, hingga dapur.

"Sekarang sambil kita cover huntara sambil yang dari PU selesaikan huntapnya," tambahnya.

Namun, Nugroho memastikan saat penyintas memasuki hunian tetap, semua infrastruktur sudah lengkap. Termasuk perabotan rumah seperti kursi, meja, kasur, dan peralatan dapur.

"Yang jelas nanti penyintas masuk itu semua harus sudah lengkap termasuk isiannya," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/090834778/300-kk-penyintas-erupsi-gunung-semeru-segera-direlokasi-ke-hunian-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke