Salin Artikel

Balap Liar Marak di Sumenep Selama Ramadhan, Polisi: Orangtua Tolong Jaga Anaknya

Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya meminta, para orangtua yang memiliki anak muda atau remaja untuk memperketat pengawasan. Tujuannya agar mereka tidak ikut-ikutan aksi balapan liar.

"Kami mengimbau kepada orangtua agar menjaga anaknya, supaya tidak keluar jelang berbuka, setelah shalat Subuh ataupun setelah shalat tarawih, menggunakan kendaraan trek-trekan atau berkumpul-kumpul. Apalagi sekarang ini masih pandemi Covid-19," kata Rahman dalam keterangannya, Senin (11/4/2022).

Rahman menyebutkan, kegiatan balap liar di Sumenep selama Ramadhan telah meresahkan warga.

Aktivitas itu dianggap mengganggu ketertiban umum dan rawan menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Pihaknya sudah melakukan sejumlah penindakan terhadap aktivitas balap liar di Kabupaten Sumenep.

Dengan begitu, warga bisa mendapatkan rasa aman selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan serta memberikan efek jera bagi mereka.

"Sasaran operasi kamtibmas, dilaksanakan terutama pada anak-anak remaja, pria dewasa yang dianggap mengganggu ketertiban umum menggunakan knalpot racing pada waktu tertentu yang rawan terjadinya kecelakaan," tuturnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Polres Sumenep, setidaknya sudah ada sekitar 50 kendaraan roda dua yang diamankan karena terlibat balap liar.

Terbaru, Polres Sumenep mengamankan setidaknya 31 unit sepeda motor yang terlibat balap liar di perbatasan Pamekasan Sumenep, Desa Kaduara, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Minggu (10/4/2022).


Ia menjelaskan terdapat tiga indikator pelanggaran berlalu lintas.

Pertama tidak menggunakan pelat belakang dan tidak membawa STNK dan SIM.

Kedua, kendaraan dimodifikasi atau pretelan, dan ketiga menggunakan knalpot modifikasi atau knalpot racing atau biasa dikenal dengan sebutan knalpot bising tidak berstandar SNI.k

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/11/115248678/balap-liar-marak-di-sumenep-selama-ramadhan-polisi-orangtua-tolong-jaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke