Salin Artikel

Diduga Kelelahan, Ketua Fraksi Nasdem Ambruk Saat Rapat Perubahan AKD DPRD Probolinggo

Perubahan AKD, seperti jabatan pimpinan komisi, lumrah dilakukan DPRD setelah masa jabatan mencapai dua setengah tahun. Rapat perubahan AKD di DPRD Probolinggo itu memanas dan diwarnai diskusi sengit.

Bahkan, interupsi dan protes menggema di ruang rapat paripurna DPRD Probolinggo.

Rapat perubahan AKD yang dimulai pukul 11.00 WIB itu berlangsung tertutup. Awak media hanya bisa menyaksikan rapat dari jendela kaca lantai empat.

Dari pantauan Kompas.com, rapat tersebut berlangsung sengit, anggota DPRD sempat adu mulut dan menggebrak meja.

Sugito yang saat itu berada di dalam ruangan terlihat lemas. Anggota lainnya langsung membopong Sugito ke luar ruangan.

Tak lama berselang, petugas medis datang dan memasangkan selang oksigen serta alat medis lain kepada Sugito. Sugito ditempatkan di ranjang pasien dibantu pimpinan dan anggota DPRD setempat.

Lalu, Sugito dilarikan ke fasilitas kesehatan dengan ambulans. Sementara rapat perubahan AKD diskors, tetapi tetap akan dilanjutkan.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma menjelaskan, ada dua agenda yang dilaksanakan hari ini, rapat pengocokan ulang AKD dan pembahasan LKPj Bupati 2021.

“Karena adanya kejadian ini, terpaksa agenda internal diskors namun tetap berlanjut. Untuk agenda eksternalnya ditunda terlebih dulu hingga adanya undangan lebih lanjut dari kami,” kata Oka di Probolinggo, Rabu.


Menurut Oka, Sugito memang memiliki riwayat penyakit jantung dan sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit.

“Kebetulan tadi ada diskusi yang cukup alot sehingga membuat beliau berpikir ekstra. Kemungkinan karena pikiran tersebut menyebabkan ada tekanan tertentu sehingga membuat kondisinya seperti itu. Bisa jadi juga, beliau kelelahan atau mungkin karena sedang berpuasa,” jelas Oka.

Diskusi alot terjadi saat anggota dewan belum masuk ke substansi permasalahan, yakni membahas surat menyurat di internal.

“Jadi ada dua fraksi (Golkar dan PKB) tadi yang merasa tidak mendapatkan surat secara resmi terkait kegiatan saat ini dan merasa tidak diperlakukan sama dengan fraksi yang lain. Sehingga fraksi tersebut bereaksi dan ini yang menjadi tarik ulur sehingga rapat paripurna berlangsung lama,” jelas Oka.

Rapat Paripurna LKPj Bupati Probolinggo 2021 akhirnya ditunda. Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, dan Dandim 0820 Letkol Inf Arip Budi Cahyono, meninggalkan gedung dewan setelah menunggu sekitar dua jam.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/06/183340878/diduga-kelelahan-ketua-fraksi-nasdem-ambruk-saat-rapat-perubahan-akd-dprd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke