Salin Artikel

Cerita Nelayan di Banyuwangi, Hasil Tangkapan Tak Menentu, Berharap Bantuan Pemerintah

Buruh angkut ikan, belantik, dan ojek perahu nelayan, menyambut kapal-kapal penangkap ikan itu untuk melakukan berbagai kegiatan transaksi di dermaga.

Ikan lemuru baru saja muncul di perairan Selat Bali sejak awal 2022, setelah setahun sebelumnya seperti menghilang dan tangkapan nelayan jadi sepi.

Ketika ikan pelagis kecil itu muncul, banyak ikan lebih besar memburunya, yang kemudian bisa dijaring semua sekalian oleh nelayan di Kecamatan Muncar.

Penyedia jasa ojek perahu nelayan, Habibi mengatakan, saat ramai ikan seperti itu, ia bisa mendapatkan rezeki hingga Rp 600.000 per hari.

Untuk satu kapal yang menyuruhnya mengantar orang, bahan bakar, atau perkakas mesin ke laut, ia mendapatkan dua timba ikan. Ia bisa mendapat Rp 100.000 jika menjual dua timba ikan itu.

"Kalau ada lemuru, orang Muncar ini kaya semua. Kerja sepuluh hari bisa lah beli sepeda motor," kata Habibi saat ditemui di Muncar, Rabu.

Tak semua mendapat berkah lemuru

Sayangnya rezeki serupa tak bisa didapatkan Sayadi (50), warga Dusun Kalimoro, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, yang seminggu terakhir tidak melaut karena sampan kecilnya rusak.

Apalagi nelayan pemilik sampan kecil seperti dirinya memang tidak bisa berburu lemuru. Mereka hanya bisa menangkap ikan mernying atau lainnya.

Saat bernasib mujur, ia mendapatkan 30 kilogram atau satu kwintal ikan tangkapan. Namun lebih sering dia buntung saat melaut.

Saat mendapatkan banyak tangkapan ikan, ayah tiga anak ini bisa mencukupi kebutuhan dapur rumahnya. Namun kalau tak ada tangkapan, dia berutang.

"Musim banyak ikan enggak tentu. Kadang-kadang bukan ikannya yang datang, anginnya yang datang. Kira-kira sudah berapa tahun ini (musim) ikan tidak normal," kata Sayadi.

Dia mengatakan, bantuan perbaikan sampan dari pemerintah diperlukan nelayan kecil yang minim modal seperti dirinya.

Sementara pinjaman usaha untuk nelayan sulit didapatkan karena jumlah tangkapan ikan yang tak menentu, hingga berpotensi besar gagal bayar.


Lemuru tak sebanyak 20 tahun lalu

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Banyuwangi, Hasan Basri mengatakan, lemuru tidak sebanyak 20 tahun lalu, meski jumlahnya kembali meningkat.

Meskipun dari tahun ke tahun fluktuatif, jumlah tangkapan ikan nelayan Muncar cenderung turun tergantung jumlah ikan yang ditemukan di Selat Bali.

Pengurangan ikan juga nampak dari jumlah kapal slerek di Muncar. Pada 1992, jumlah kapal slerek di atas 192 pasang, tetapi kini hanya 50 pasang.

Sebagian telah berubah menjadi kapal gardan atau tidak berpasangan, agar biaya operasionalnya berkurang. Atau, para pemilik kapal slerek itu tetap melaut dengan membeli sampan kecil.

"Nelayan bisa dapat Rp 250.000 per hari, untuk bulan ini, Januari, Februari, Maret karena sudah musim ikannya. Itu upah di luar ikan yang dibagikan, biasanya ada pembagian satu atau dua timba per orang," kata Hasan di Muncar, Rabu.

Terkait penyebab berkurangnya populasi ikan di Selat Bali, ia mengatakan belum ada keterangan yang lengkap dan valid.

Namun, pihaknya memastikan tidak ada lagi over fishing atau penangkapan berlebihan di Selat Bali. Sebab, jumlah kapal slerek juga telah berkurang.

Budidaya laut untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan

Direktur Perbenihan Direktur Jendral (Dirjen) Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nono Hartanto mengatakan, pihaknya mendorong nelayan melakukan budidaya laut untuk meningkatkan kesejahteraan.

Penghasilan dari budidaya lebih stabil jika dikelola dengan benar, bahkan saat menghadapi cuaca ekstrem. Menurutnya budidaya juga bisa dilakukan nelayan kecil.

Dirjen Budidaya KKP telah mendampingi 130 kelompok masyarakat untuk membangun Kampung budidaya ikan air tawar, air laut, dan air payau. Jenis ikannya kerapu, kakap putih, lobster, dan nila.

Wilayah perairan Banyuwangi, kata dia, cocok untuk budidaya lobster dengan skema rantai kegiatan yang harus disusun terlebih dahulu.

Teluk-teluk di perairan selatan Banyuwangi menjadi tempat penangkapan benih bening lobster (BBL) yang ramai. Sementara wilayah Selat Bali cocok sebagai tempat budidaya.

"Tinggal bagaimana ini menata, Pemda ini harus bisa. Satu, memilah-milah siapa yang berperan di penangakapnya, siapa yang berperan di pendederannya (pembesaran sementara untuk bibit), siapa yang berperan di budidaya awal, kemudian siapa yang berperan di budidaya akhir," kata Nono di Banyuwangi, Selasa (5/4/2022).


 Nelayan kecil bisa berperan di tahap pendederan hingga BBL siap dibudidaya. Proses budidaya pun bisa bersambung antara pembudidaya satu dengan yang lain, dari berat 5 gram ke 30 gram, 100 gram, hingga ukuran panen masing-masing jenis lobster.

Menurutnya, skema usaha seperti itu bisa memberikan penghasilan kepada banyak pihak dengan pergerakan uang yang cepat.

Namun secara nasional, Indonesia baru memulai fokus pada budidaya lobster dua tahun terakhir. Sehingga teknologi yang diterapkan di lapangan belum memadai.

Pihaknya telah mengantongi teknologi di tahap pendederan, juga pengalaman budidaya keramba jaring apung (KJA) lobster di Lombok dan keramba dasar di Banyuwangi.

"Kalau di Lombok Timur itu masyarakatnya memang mulai dari keramba apung, ini juga ada plus ada minusnya," kata dia.

"Kemudian ada ide di bawah, di dasar, ini salah satunya untuk mengatasi masalah penyakit. Ini kita sedang mencari metode mana yang kira-kira paling cocok dikembangkan di Indonesia, untuk bisa memproduksi lobster ini secara besar," tambah Nono.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/06/170754878/cerita-nelayan-di-banyuwangi-hasil-tangkapan-tak-menentu-berharap-bantuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke