Salin Artikel

Rumah Warga di Jalan Muharto Ambrol, Pemkot Malang Cari Tempat Pengungsian Sementara

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, rencananya warga terdampak ditempatkan di UPT Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk sementara waktu.

Soal biaya, Pemkot Malang akan meminta bantuan dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional).

"Kami carikan rumah untuk pengungsian, diambilkan dana Insya Allah dari Baznas. Tadi saya suruh telepon ke UPT, nanti akan kami lakukan, UPT di rusunawa, biar menempati di sana dulu," kata Sutiaji saat diwawancarai pada Rabu (6/4/2022).

Namun, Pemkot Malang akan mencari opsi tempat tinggal lain jika warga tersebut tidak bisa ditempatkan di UPT Rusunawa.

Salah satu opsi adalah mencari lahan kosong yang bisa digunakan dan tidak bertabrakan dengan site plan di rencana tata ruang wilayah (RTRW) serta ruang terbuka hijau (RTH).

"Kalau tidak bisa di rusunawa nanti kita carikan tempat lainnya untuk bernaung yang 11 KK itu. Selanjutnya kami akan cari lahan, ini kan tidak gampang ya," katanya.

Soal anggaran, Pemkot Malang tak memiliki masalah untuk menyiapkan tempat tinggal warga terdampak. Namun, prosedur pemindahan warga harus dikaji lebih dulu.

Selain itu, Pemkot Malang akan memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 3 juta dari Baznas kepada setiap KK.

Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang Dyah Ayu Kusuma Dewi mengatakan, UPT Rusunawa saat ini sedang penuh.


Ia menyebutkan, Kementerian PUPR sebenarnya memiliki anggaran membuat tempat relokasi. Namun, Pemkot Malang harus menyediakan lahan kosong.

"Sebenarnya kalau anggaran dari Kementerian PUPR itu ada selama dari Pemda ada lahannya itu clear, di kota ini belum ada suatu lahan yang bisa kita rencanakan untuk relokasi," katanya.

Sebelumnya, enam rumah di Jalan Muharto Gang V RT 05 RW 06 Kelurahan Kota Lama, Kota Malang, Jawa Timur, ambrol.

Peristiwa itu terjadi secara bertahap pada Selasa (5/4/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Rumah-rumah tersebut berada di sempadan DAS (Daerah Aliran Sungai) Brantas. Saat kejadian tidak ada hujan dan angin kencang atau cuaca dalam keadaan normal.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/06/153449678/rumah-warga-di-jalan-muharto-ambrol-pemkot-malang-cari-tempat-pengungsian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke