Salin Artikel

Saldo Tabungan Nasabah Rp 297 Juta Hilang Sekejap, Kapolres Lumajang: Ini Kejahatan yang Merugikan

LUMAJANG, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Lumajang, Jawa Timur, masih mendalami hilangnya saldo tabungan Rp 297 juta milik Ali Muafan Rohim, seorang nasabah di salah satu bank milik pemerintah.

Sampai sejauh ini, belum ada titik terang terkait kejadian itu. Meski begitu, pihak kepolisian menyebut kasus itu sebagai tindakan kejahatan.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka mengatakan, pihaknya menerima laporan terkait kasus tersebut beberapa waktu lalu. Sebelumnya, laporan kehilangan uang tabungan dalam rekening itu masuk ke Polsek Pasirian.

Namun, karena kerugian yang dialami korban mencapai ratusan juta rupiah, kasus tersebut dilimpahkan ke Polres Lumajang.

"Ini tindak kejahatan yang merugikan. Tiba-tiba saldo nasabah dalam rekening terkuras habis dalam hitungan menit. Ketika laporan itu muncul, kami mengamati ada kejanggalan. Kejanggalannya kenapa bisa uang ratusan juta ludes dengan cepat. Ini masih dalam tahap penyelidikan oleh kami," kata Dewa saat diwawancara di Mapolres Lumajang, Senin (4/4/2022).

Dewa menambahkan, pihaknya telah memeriksa beberapa saksi. Menurutnya, dugaan penipuan online ini memiliki modus yang tidak biasa. Sebab, uang yang keluar dari rekening melebihi batas limit transfer harian yang dimiliki korban.

Sampai sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan penyebab pasti terkurasnya saldo tabungan itu. Apakah karena kesalahan sistem, kesalahan dari nasabah itu sendiri, atau ada kejahatan yang menyebabkan uang itu terkuras.

Pihaknya masih menghimpun keterangan dari berbagai saksi, baik dari pihak nasabah maupun pihak bank.


Dewa mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya memberikan kode apapun kepada orang tidak dikenal. Sebab, hal itu dapat menjadi pemicu kejahatan.

"Secara bertahap kami akan mengurai satu-persatu akar masalah ini. Saksi sudah kami periksa Hari Jum'at lalu. Pemeriksaan dilanjutkan dalam beberapa hari ini. Semoga ada titik terang, karena ternyata uang yang hilang itu bukan uang pribadi. Melainkan milik orang banyak yang menabung pada korban," jelasnya.

Sementara itu, pihak bank tempat korban menyimpan uang itu belum memberikan keterangan terkait kejadian itu. Padahal sebelumnya, pihak bank menyatakan akan memberikan keterangan resminya pada hari ini, Senin (4/4/2022).

Diketahui, seorang nasabah bank milik pemerintah bernama Ali Muafan Rohim, warga Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, mengaku kehilangan uang tabungan sebesar Rp 297 juta. Uang di dalam rekening itu disebut raib dalam hitungan menit.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/04/200938778/saldo-tabungan-nasabah-rp-297-juta-hilang-sekejap-kapolres-lumajang-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke