Salin Artikel

Bazar Takjil Ramadhan Kembali Digelar di Sumenep, Pedagang: Alhamdulillah, Dagangan Cepat Habis

Salah satu pedagang bernama Mozayyanah mengaku, bazar takjil Ramadhan membawa berkah tersendiri bagi para pedagang. Seluruh kudapan yang dijajakan laris manis menjelang buka puasa.

"Alhamdulillah, dagangan cepat habis dibandingkan jualan tiap harinya di (Pasar) Desa Gedungan," kata Mozayyanah di area Bazar Ramadan, Senin (4/4/2022).

Mozayyanah mengaku, tingkat kunjungan warga ke stan bazar Ramadhan tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Hampir semua stan makanan di lokasi merata didatangi warga.

Kendati tak menyebut secara detail omzet yang didapat, Mozayyanah mengaku pendapatannya meningkat 30 persen.

"Menu-menu lokal laris manis, seperti lupis, pattola (kue dari tepung beras), tajin rojek, dan aneka gorengan lainnya. Bahkan Barongko sebagai makan khas dari Masalembu habis terjual," tuturnya.

Terpisah, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi menyampaikan, Bazar Takjil Ramadhan yang digelar di Sumenep merupakan salah satu upaya untuk menggerakkan ekonomi pedagang dan pelaku UMKM di Sumenep.

Program itu diharapkan membuka peluang usaha pedagang dan pelaku UMKM untuk memasarkan produk kulinernya, yang efeknya mampu meningkatkan perekonomian warga.

“Yang jelas, kami (Pemkab Sumenep) memberikan izin dilaksanakannya Bazar Takjil Ramadan ini, sebagai upaya menggerakkan perekonomian demi membantu meringankan beban masyarakat akibat dampak Covid-19," tuturnya.

Ahmad mengingatkan, penyelenggaraan Bazar Takjil Ramadhan harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu, kegiatan itu harus meminimalkan kerumunan.

"Karena saat ini, Covid-19 belum berakhir tentu untuk mengurangi kerumunan masyarakat dibagi beberapa titik tempat pelaksanaan Bazar Takjil Ramadan tahun ini. Semoga dengan Bazar Takjil pemberdayaan ekonomi benar-benar bermanfaat bagi pedagang, termasuk masyarakat yang ingin membeli menu makanan favorit untuk berbuka puasa," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/04/163942978/bazar-takjil-ramadhan-kembali-digelar-di-sumenep-pedagang-alhamdulillah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke