Salin Artikel

Sering Dilalui Truk Pasir, Jalan Raya di Lumajang Rusak hingga Menggunduk

Banyaknya lalu lalang truk bermuatan besar di sepanjang Jalan Pelita, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang tidak diimbangi dengan perawatan fasilitas jalan.

Pasalnya, sejak tiga bulan lalu, ruas jalan ini tampak sudah mulai bergelombang dan tidak kunjung diperbaiki.

Hingga hari ini gelombang dan lubang pada jalan pun tidak terukur lagi.

Bahkan di depan kantor unit laka lantas Polres Lumajang terpantau terdapat gundukan hingga setinggi 20 sentimeter yang berada tepat di tengah jalan.

Hal tersebut tentu membahayakan para pengguna jalan khususnya pengendada sepeda motor di malam hari.

Sebab, penerangan jalan di sepanjang jalan yang merupakan jalan provinsi tersebut kerap menyala redup hingga padam.

Roni, warga sekitar Jalan Gatot Subroto menduga bahwa rusaknya jalan tersebut diakibatkan oleh banyaknya kendaraan berat yang melintas setiap harinya.

Terlebih jika terdapat lubang hanya ditambal sehingga ketika jalan tersebut tergenang air aspal jadi mudah terkelupas dan kembali berlubang.

"Kalau lewat sini pokoknya harus hati-hati, lengah sedikit bisa jatuh, jalannya rusak tidak segera diperbaiki padahal sering dilewati truk besar-besar," ungkapnya, Minggu (3/4/2022).


Selain jalan rusak, warga juga mengeluhkan banyaknya bangkai kendaraan usai alami kecelakaan diparkir di pinggir jalan.

Hal tersebut menyebabkan ruang di sepanjang jalan makin sempit. Sebab, jalan sebelah barat telah rusak parah, sedangkan jalan sebelah timur semakin sempit dengan keberadaan kendaraan bekas kecelakaan.

Warga berharap agar kondisi jalan tersebut segera diperbaiki. Pasalnya, tidak jarang jalanan rusak tersebut memakan korban. Paling banyak pengendara sepeda motor terjatuh karena coba menghindari lubang.

"Ya sebisa mungkin segera diperbaiki lah, kasian apalagi sepeda motor sering jatuh karena mencoba menghindar," ujar Arif, salah satu pengendara sepeda motor yang melintas.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/03/202106578/sering-dilalui-truk-pasir-jalan-raya-di-lumajang-rusak-hingga-menggunduk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke