Salin Artikel

Sidak Perbaikan Jembatan Ngaglik 1 Lamongan, Khofifah Targetkan Rampung H-10 Lebaran

Selain melihat proses perbaikan yang tengah dilakukan, dalam sidak ini Khofifah juga ingin memeriksa pengalihan arus lalu lintas dalam rangka mengurai kemacetan.

Targetkan rampung H-10 Lebaran

Khofifah ingin memastikan suplai logistik di Jawa dan sekitarnya dapat tetap berjalan dengan aman selama proses perbaikan tuntas dilakukan.

"Karena yang melewati sini bukan hanya untuk masyarakat Jawa Timur, tapi juga logistik untuk masyarakat Bali, NTB dan Indonesia Timur, yang dibawa melalui Tanjung Perak," ujar Khofifah, di sela agenda sidak, Jumat (1/4/2022).

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga meminta masyarakat agar bersabar. 

Dia sekaligus meminta masyarakat untuk bekerja sama dengan baik, supaya proses perbaikan yang sedang dilakukan dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

"Insya Allah, H-10 sebelum lebaran sudah siap untuk bisa digunakan kembali. Mohon doanya semua, mudah-mudahan lancar dan bisa memberikan layanan kembali sebaik mungkin untuk seluruh masyarakat," ucap Khofifah.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Achmad Subki menjelaskan, pembongkaran Jembatan Ngaglik 1 sudah rampung dilaksanakan dalam waktu dua malam.

Saat ini proses perbaikan sudah mulai dilakukan, dengan secara bertahap grider telah sampai di lokasi dan tinggal diatur kemudian dipasang.

"Pemasangan grider ini kalau sudah selesai, settingnya itu cukup dua hari selesai. Paling settingnya yang membutuhkan waktu agak lama, karena namanya umur beton itu tidak bisa ditawar berapa lama," kata Subki.

Subki lantas mencontohkan, bila umur beton yang mencukupi lima hari, tidak bisa dikurangi jadi empat hari, sebab itu akan menjadikan bisa patah.

Agar aman, beton tersebut harus sudah benar-benar kering dan kuat, baru diangkat dan dilakukan pemasangan.


Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, untuk mengurai kemacetan akibat kerusakan yang terjadi di Jembatan Ngaglik 1 maka arus lalu lintas yang sedianya melewati jalan nasional, sementara dialihkan menuju ke dalam arah kota melewati jalan kabupaten.

"Sembari menunggu pengerjaan jembatan selesai dan dapat difungsikan kembali, untuk mengurai kemacetan terdapat beberapa alternatif jalan yang bisa dilalui," tutur Yuhronur.

Jalur alternatif yang bisa dipilih oleh para pengendara, kata Yuhronur, di antaranya melalui Jalan Lamongan (terminal)-Plembon-Sukodadi (Unisda), Lamongan (terminal)-Kedungpring-Kalen, Lamongan (terminal)-Tlanak-Nguwok, Pucuk-Blimbing, dan juga Sukodadi-Banjarwati.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/01/214611378/sidak-perbaikan-jembatan-ngaglik-1-lamongan-khofifah-targetkan-rampung-h-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke