Salin Artikel

Proyek Tol Malang-Kepanjen Segera Terealisasi, Ini Harapan Bupati

Proyek Tol Malang-Kepanjen itu merupakan lanjutan dari adanya tol Malang-Pandaan.

Berdasarkan data Kementerian PUPR pembangunan jalan tol tersebut akan dimulai dari exit tol Madyopuro, Kota Malang, dan berakhir di kawasan Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Tol yang akan membentang hingga sepanjang 29,79 kilometer itu akan melalui empat kecamatan.

Yakni Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Kecamatan Pakisaji, Kecamatan Gondanglegi, dan berakhir di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Sekaligus akan mempunyai lima titik exit tol.

Kabar itu disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

Bupati Malang, HM Sanusi menargetkan keberadaan tol itu mampu meningkatkan pengembangan wilayah Kabupaten Malang, khususnya untuk perekonomian masyarakat serta destinasi wisata di Kabupaten Malang.

"Pelaku UMKM akan kami tuntut agar memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan inovasi usahanya," ungkapnya saat ditemui, Kamis (31/3/2022).


Selain itu, adanya tol Malang Kepanjen, menurut Sanusi, juga menjadi salah satu pendukung untuk mempercepat terbentuknya wajah ibukota Kabupaten Malang, yakni di Kecamatan Kepanjen.

"Akses ke Malang selatan nanti kan lewat tol. Otomatis nanti wajah ibukota Kabupaten Malang yang ada di Kecamatan Kepanjen akan lebih cepat terbentuk dengan adanya tol," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan sudah mulai mempersiapkan tim pembebasan lahan seiring rencana pembangunan tol tersebut, meliputi Camat dan Kepala Desa yang akan dilalui proyek tol Malang Kepanjen.

"Kalau tim pembebasan lahannya dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tapi nanti akan melibatkan kami untuk mengkoordinir camat dan kepala desa agar potensi perselisihan dengan masyarakat bisa diminimalkan," katanya.

Terkait masih banyak akses menuju destinasi wisata di Kabupaten Malang yang rusak, Wahyu menyebutkan hal itu akan menjadi perhatian selanjutnya.

Ia memastikan, apabila tol Malang Kepanjen itu sudah terealisasi, maka beberapa ruas jalan menuju destinasi wisata akan diperbaiki kemudian.

"Beberapa akses jalan menuju exit tol pastinya nanti akan menjadi perhatian Kementerian PUPR, pastinya perbaikannya akan mengikuti nanti, termasuk akses menuju destinasi wisata," tuturnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/31/230959978/proyek-tol-malang-kepanjen-segera-terealisasi-ini-harapan-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke