Salin Artikel

Wali Kota Batu Minta Desa dan Kelurahan Sediakan Sentra Takjil Saat Ramadhan

Hal itu sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian warga Batu. Dewanti mengingatkan masyarakat tetap menaati protokol kesehatan.

"Bahkan saya minta kalau bisa di setiap kecamatan atau desa (dan kelurahan) ada tempat penjualan takjil, biar bisa diatur, tidak berkerumun dan sebagainya," kata Dewanti usai meninjau pedagang di Pasar Relokasi, Rabu (30/3/2022).

Dewanti berharap setiap desa dan kelurahan bisa menyediakan tempat penjualan takjil yang teratur dan tersedia tempat parkir. Sehingga, tak menyebabkan kemacetan lalu lintas.

"Kalau bisa ditempatkan di tempat yang luas sehingga bisa jaga jarak, kemudian mengantisipasi adanya keramaian lalu lintas," katanya.

Tarawih berjemaah diizinkan, buka bersama dilarang

Di sisi lain, Pemkot Batu membuat Surat Edaran Wali Kota tentang aturan pelaksanaan ibadah selama Ramadhan. Rencananya aturan tersebut disosialisasikan dalam waktu dekat.

Dewanti mengatakan, nantinya masyarakat sudah bisa melaksanakan shalat tarawih di masjid, tetapi tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kemudian untuk aturan lainnya seperti tidak diperbolehkan kegiatan buka bersama untuk mencegah kerumunan.

"Kita tarawih sudah bisa dengan prokes, tetapi acara buka bersama (bukber) tidak boleh dilakukan karena masih dalam koridor PPKM, untuk itu mari kita tingkatkan ibadah saja yang wajib untuk bisa melakukan dengan baik," ungkapnya.

Kepala Desa Giripurno Suntoro menyambut baik arahan Wali Kota Batu untuk menyediakan tempat penjualan takjil. Hal itu, kata dia, sudah dilakukan sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Tetapi pandemi itu kan enggak boleh ramai-ramai, jadi kami tiadakan, kalau misal yang sekarang ini diperbolehkan nanti kami melihat situasi dan kondisi di wilayah desa atau kelurahan lainnya seperti apa," kata Suntoro.

Suntoro segera berkoodinasi dengan setiap kepala dusun menyiapkan tempat tersebut.

"Kalau dulu kan itu di Jalan Raya Giripurno memang agak ramai kendaraan itu jadinya, tapi mungkin kalau nanti diperbolehkan bisa di lapangan desa, kami akan koordinasikan dengan kasun," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/30/172933878/wali-kota-batu-minta-desa-dan-kelurahan-sediakan-sentra-takjil-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke