Salin Artikel

Sopir Pikap Kecelakaan Maut di Bondowoso Jadi Tersangka

BONDOWOSO, KOMPAS.com – Surahman (42), warga Desa Gentong, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, ditetapkan sebagai tersangka.

Surahman merupakan sopir pikap yang mengalami kecelakaan tunggal di Desa Gunung Anyar, Kecamatan Tapen pada Senin (21/3/2022) dan menyebabkan tujuh korban tewas.

Kasi Humas Polres Bondowoso, Ipda Bobby Dwi Siswanto mengatakan, Surahman ditetapkan sebagai tersangka setelah sembuh dari cedera leher dan koma usai kecelakaan.

"Tersangka mengakui kesalahannya dengan menggunakan pikap yang merupakan kendaraan khusus angkutan barang, tapi justru diperuntukkan untuk mengangkut penumpang," kata Bobby dalam keterangan tertulis, Selasa (28/3/2022).

Surahman mengakui bahwa dirinya merupakan penyedia angkutan dari Kecamatan Taman Krocok menuju Kebun Watucapil di Kecamatan Ijen. Seharusnya, kendaraan itu mengangkut barang.

Namun, Surahman nekat mengangkut penumpang sebanyak 27 orang. Akibatnya, kendaraan itu kelebihan muatan. Yakni, dari muatan maksimal 2,1 ton, tapi terisi 2,6 ton.

"Pengemudi juga berkendara dalam keadaan lelah dan mengantuk, sehingga terjadi insiden itu," tambah dia.

Bobby menjelaskan, hasil olah TKP Ditlantas Polda Jatim, kendaraan pikap itu sempat turun ke bahu jalan sebelah kiri. Lalu kembali ke tengah dan terbalik hingga terseret sejauh 20 meter.

"Mengenai kelayakan berkendara, tersangka diketahui tidak memiliki SIM dan kendaraan uji KIR terakhir pada November 2019 lalu," tambahnya.


Surahman disangka dengan pasal 310 ayat 4 juncto ayat 3 dan ayat 2 UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dengan hukuman maksimal 6 tahun dan atau denda Rp 12 juta.

"Kemudian dikenakan pasal 311 ayat 5 dengan hukuman maksimal 12 tahun penjara," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Ijen di Desa Gunung Anyar, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso pada Senin (21/3/2022).

Pikap yang memuat 27 penumpang yang semuanya merupakan buruh tani kentang dari Desa Gentong dan Desa Taman, Kecamatan Taman Krocok, terbalik dan menyebabkan tujuh korban tewas.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/29/150914078/sopir-pikap-kecelakaan-maut-di-bondowoso-jadi-tersangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke