Salin Artikel

Genjot Vaksinasi, Wali Kota Malang Optimistis Terapkan PPKM Level 1 pada April

Saat ini, Kota Malang berada di Level 2 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) Nomor 18 Tahun 2022 berkaitan dengan PPKM di wilayah Jawa dan Bali.

Sutiaji akan menggenjot capaian vaksinasi lansia untuk dosis pertama yang beberapa hari lalu masih berada di angka 69,25 persen.

"Capaiannya kurang nol koma sekian untuk ke 70 persen, kita terus melakukan pendekatan kerja sama dengan TNI dan Polri untuk terus mendorong vaksinasi ini," kata Sutiaji saat menjadi pembicara di Musrenbang RKPD Kota Malang 2023, Senin (28/3/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, vaksinasi dosis satu dan dua secara umum di Kota Malang sudah mencapai lebih dari 100 persen.

Pihaknya juga berupaya mengejar capaian vaksinasi lansia dosis pertama minimal menuju 70 persen pada awal April. Dia mengungkapkan, untuk menuju angka tersebut masih membutuhkan sekitar 150 lansia yang harus disuntik.

"Itu kita juga sudah koordinasikan dengan Polresta, TNI untuk bisa menghimpun sasaran itu," kata dr Husnul saat diwawancarai, Selasa (29/3/2022).

Sedangkan capaian vaksinasi lansia dosis kedua masih sekitar 67 persen. Dinas Kesehatan Kota Malang menargetkan capaian vaksinasi tersebut pada awal April dapat mencapai 70 persen.

"Nanti di dosis keduanya minimal 70 persen, kita dosis kedua lansia masih 67 persen, nanti itu yang kita kejar," katanya.

Husnul optimistis, sangat memungkinkan untuk Kota Malang menuju Level 1. Namun, selain mengejar capaian vaksinasi lansia, masih dibutuhkan adanya penurunan kasus Covid-19.

"Sehingga tinggal menunggu daripada penurunan kasus aktif, kemudian jumlah yang dirawat di rumah sakit, kemudian angka positivity rate kita, nanti itu yang menentukan kita bergeser ke Level 1 atau tidak," katanya.

Dia mengungkapkan untuk positivity rate di Kota Malang masih berada di angka 6,7 persen. Sedangkan untuk menuju ke Level 1 harus di bawah 5 persen.

"Kemudian ini waktunya dua minggu, sehingga Instruksi Mendagri ini berakhir tanggal 4 April semoga nanti evaluasi dan Kota Malang bisa masuk Level 1," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/29/144308978/genjot-vaksinasi-wali-kota-malang-optimistis-terapkan-ppkm-level-1-pada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke