Salin Artikel

Pemilihan Wabup Pamekasan Molor, Undangan Tertidur di Ruang Sidang

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sidang paripurna DPRD Pamekasan dengan agenda pemilihan wakil bupati Pamekasan, Senin (28/3/2022), molor hingga hampir empat jam.

Sesuai dengan undangan yang disebarkan oleh Ketua DPRD Pamekasan, sidang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Namun, sidang yang dibuka oleh Ketua DPRD Pamekasan, Fathurahman, baru dimulai pada pukul 12.45 WIB.

Selama menunggu sidang dimulai, undangan banyak yang tertidur lelap di dalam ruang sidang.

Sementara itu, sidang itu molor karena kehadiran anggota DPRD Pamekasan yang tak kunjung lengkap. Sidang dibuka untuk umum setelah 43 anggota DPRD Pamekasan hadir. Dua orang anggota tidak hadir, yakni anggota DPRD asal Partai NasDem dan PKB.

Saat sidang baru berjalan 10 menit, Ketua DPRD Pamekasan tiba-tiba menghentikan sidang untuk sementara karena Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, tidak hadir tanpa alasan.

Pada kesempatan itu, Baddrut memberikan mandat kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Widiastuti. Namun, mandat tersebut ditolak.

"Sidang paripurna adalah forum tertinggi di Pemkab Pamekasan. Bupati tidak jelas mengapa tidak datang. Dalam tata tertib sidang, jika bupati tidak hadir, maka yang mewakili adalah Sekda, bukan asisten," kata Ali Maskur, anggota DPRD Pamekasan Fraksi PPP.

Anggota DPRD Pamekasan Fraksi Madani (PBB dan Golkar), Qomarul Wahyudi, mempersoalkan surat mandat bupati yang salah dalam penulisan tahunnya.

"Surat harus direvisi terlebih dahulu karena ada kesalahan sebagai bentuk keabsahan secara hukum dan administrasi," ungkap Wahyudi.


Sidang dipending 15 menit

Akibat persoalan itu, sidang yang sudah molor hampir empat jam harus ditunda selama 15 menit.

Diketahui, ada dua calon wakil bupati pengganti antar waktu yang disahkan oleh panitia pemilihan (Panlih). Yakni Fattah Jasin sebagai calon nomor urut 1 dan Agus Mulyadi calon nomo urut 2.

Kedua calon tersebut diusung oleh gabungan partai politik yakni PKB, Gerindra, PAN dan PKS.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/28/141920178/pemilihan-wabup-pamekasan-molor-undangan-tertidur-di-ruang-sidang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke