Salin Artikel

Pak Ribut Jelaskan Soal Kaum Sodom ke Murid, Pengamat: Cara Pembelajarannya Menarik...

KOMPAS.com - Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengaku tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan Ribut Santoso kepada murid-muridnya.

Bahkan, Ubaid menyebut tidak semua guru dapat melakukan pendekatan seperti itu.

Ia pun lantas mengatakan bahwa guru tersebut harusnya diapresiasi.

"Cara pembelajarannya juga menarik mengajak anak-anak untuk menyelesaikan beberapa soal latihan, kemudian menggunakan pendekatan dialog itu penting. Hari ini tidak semua guru melakukan pendekatan itu," kata Ubaid, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Terkait dengan video obrolannya dengan sejumlah murid tentang penyimpangan seksual kaum sodom viral di media sosial. Ubaid menyebut tidak ada masalah.

"Ini menjadi pelajaran penting apa yang terjadi di umatnya Nabi Luth. Itu yang dijelaskan oleh Pak Ribut," ujarnya.


Jadi, kata Ubaid, apa yang terjadi di umatnya Nabi Luth sebelum masehi yang kita tidak tahu sejarahnya sampai dengan saat ini masih relefan menjadi perbicangan.

"Jadi menurut saya, justru guru itu seperti yang dilakukan Pak Ribut ini," ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Agus Salim yang menyebut metode pengajaran yang dilakukan Ribut baik, bahkan bisa sangat dekat dengan siswanya. Ia pun lantas mengapresisainya.

"Pak Ribut itu bagus loh, dia metodenya bagus. Dia juga sangat dekat dengan muridnya, dan memang gayanya seperti itu tidak dibuat-buat, jadi disenangi siswanya," kata Agus, Jumat (25/3/2022).

Kata Agus, apa yang disampaikan Ribut memang benar. Namun, banyak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Agus lalu menasehati Ribut untuk lebih berhati-hati.

"Kita beri nasihat agar lebih berhati-hati, karena sebenarnya yang disampaikan sudah betul sesuai materi pelajaran. Tapi yang pendakwah kondang saja bisa digoreng, apalagi kita yang awam, makanya perlu lebih hati-hati," ungkapnya.

 

(Penulis : Kontibutor Lumajang, Jawa Timur, Miftahul Huda | Editor : Priska Sari Pratiwi)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/27/201526278/pak-ribut-jelaskan-soal-kaum-sodom-ke-murid-pengamat-cara-pembelajarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke