Salin Artikel

Guru Jelaskan Soal Penyimpangan Seks Kaum Sodom ke Murid, Pengamat: Justru Guru Itu seperti Pak Ribut

KOMPAS.com - Seorang guru sekolah dasar di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, bernama Ribut Santoso, mendadak menjadi perbincangan publik setelah video obrolannya dengan sejumlah murid tentang penyimpangan seksual kaum sodom viral di media sosial.

Setelah video itu viral, banyak menuai kontrovesi dari berbagai kalangan.

Terkait dengan itu, Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengatakan, apa yang dilakukan guru tersebut tidak ada masalah.

"Ini menjadi pelajaran penting apa yang terjadi di umatnya Nabi Luth. Itu yang dijelaskan oleh Pak Ribut," kaat Ubaid saat dihubungi Kompas.com (26/3/2022).

Jadi, kata Ubaid, apa yang terjadi di umatnya Nabi Luth sebelum masehi yang kita tidak tahu sejarahnya sampai dengan saat ini masih relefan menjadi perbicangan.

"Jadi menurut saya, justru guru itu seperti yang dilakukan Pak Ribut ini," ungkapnya.

Patut diapresiasi

Ubaid mengatakan, ia tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut terhadap murid-muridnya dan patut diapresiasi.

"Cara pembelajarannya juga menarik mengajak anak-anak untuk menyelesaikan beberapa soal latihan, kemudian menggunakan pendekatan dialog itu penting. Hari ini tidak semua guru melakukan pendekatan itu," ujarnya.


Pentingnya pendidikan seks di sekolah

Saat ditanya apakah pendidikan pelajaran seks perlu di sekolah, Ubaid mengatakan, sangat perlu, karena sudah terjadi di mana-mana kekerasan seksual di sekolah dan itu bukan sesuatu yang disengaja.

"Hal itu terjadi karena ketidaktahuan, sehingga anak-anak melakukan itu setelah kejadian mereka baru menyesal, apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan dilakukan," jelasnya.

Ubaid menyebut, masalah seks ini masih menjadi sesuatu yang tabu untuk dibicarakan baik di level keluarga maupun sekolah.

Ia mencontohkan, misalnya orang tua melarang anaknya pacaran, tapi itu saja. Namun ia tidak menjelaskan pacaran itu apa?.

Seharusnya, kata Ubaid, orang tua dapat menjelaskan di dalam pacaran itu apa yang tidak boleh.

"Jadi tidak ada pengetahuan seperti itu," ungkapnya.

Ketika disinggung apakah seks edukasi sudah ada kurikulumnya di Kemendikbud, Ubaid pun dengan tegas mengatakan tidak ada.

"Kalau konten itu tidak ada. Itu hanya konten yang sifatnya terintegrasi dengan biologi yang tidak ada penekan khusus pada pendidikan seks, sehingga pesan-pesannya tidak sampai, karena bisa jadi gurunya tidak memahami konten kurikulum dan seterusnya," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/26/223419278/guru-jelaskan-soal-penyimpangan-seks-kaum-sodom-ke-murid-pengamat-justru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke