Salin Artikel

39 Pasien Covid-19 di Magetan Meninggal dalam 3 Bulan, Kadinkes: Didominasi Lansia...

Dinas Kesehatan Magetan menilai, angka kematian itu cukup tinggi dan perlu mendapat perhatian.

"Dari 39 kasus kematian pasien Covid-19 di Magetan selama Januari hingga menjelang akhir Maret ini didominasi oleh kaum lansia yang memiliki penyakit penyerta berat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Rohmat Hidayat dikutip dari Antara, Jumat (25/3/2022).

Rohmat menjabarkan, penyakit penyerta atau komorbid yang diderita pasien Covid-19 meninggal itu seperti stroke, tumor otak, jantung, diabetes, hingga hipertensi.

Rata-rata, penyakit penyerta yang diderita pasien lansia itu masuk kategori berat.

Selain komorbid, beberapa di antara pasien Covid-19 itu meninggal karena belum mendapat vaksin Covid-19.

Untuk menekan kondisi pasien memburuk, Dinas Kesehatan Magetan meminta masyarakat segera mengikuti vaksinasi Covid-19. Masyarakat diminta langsung mengunjungi layanan kesehatan jika telah mendapat jadwal vaksinasi.

"Kami juga melakukan sosialisasi pentingnya masyarakat Magetan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, khususnya lansia, baik itu vaksin dosis pertama, kedua, maupun penguat. Karena ini salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian," kata dia.

Masyarakat juga diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagia upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Hingga Jumat, tercatat 12.721 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magetan. Dari jumlah itu, 11.600 pasien sembuh, 105 orang masih dirawat, dan 1.016 pasien meninggal.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/25/202933378/39-pasien-covid-19-di-magetan-meninggal-dalam-3-bulan-kadinkes-didominasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke