Salin Artikel

Buaya Muara Tiba-tiba Berkeliaran di Sungai Belakang Rumah Warga padahal Bukan Habitatnya

KEDIRI, KOMPAS.com - Seekor buaya muara sepanjang 180 sentimeter dievakuasi warga dari sungai yang ada di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (23/3/2022) malam.

Keberadaan buaya tersebut cukup mengagetkan warga karena sungai yang berhulu di Gunung Kelud tersebut bukan habitat buaya.

Warga lantas menangkap hewan bernama ilmiah crocodylus porosus itu karena meresahkan dan bisa mengancam keselamatan warga. Apalagi, banyak warga yang sering beraktivitas di sungai itu, mulai dari mencari pasir hingga memancing ikan.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Janti, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) David Ika Prasetyawan mengatakan, keberadaan buaya muara itu diketahui dari laporan warga.

"Mulanya ada laporan dari warga ke kepala dusun diikuti ke kepolisian," ujar David kepada Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Berdasarkan laporan itu, pihaknya bersama sejumlah elemen warga berusaha menangkap buaya tersebut.

Buaya itu berhasil ditangkap dan diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Kediri.

Kepala Wilayah Konservasi BKSDA Kediri, David Fathurrohman mengatakan, buaya yang diperkirakan berusia tiga sampai empat tahun itu selanjutnya akan dititipkan ke Predator Fun Park yang ada di Malang.

"Besok (hari ini) rencananya kami kirim," ujar David kepada Kompas.com, Kamis.

Sebab, di sungai itu terdapat palung yang bisa menjadi tempat buaya bersembunyi. Selain itu, di sungai tersebut terdapat semak-semak dan stok makanan berupa ikan yang melimpah.

Namun, David memastikan wilayah sungai tersebut bukan habitat buaya, mengingat di sekitarnya sudah banyak permukiman warga.

"Tapi mengingat dekat penduduk jadi ragu kalau itu habitatnya," lanjutnya.

Sehingga, dugaan awal, buaya itu adalah hewan peliharaan yang terlepas dari kandangnya, atau buaya yang sengaja dilepas oleh pemiliknya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/25/061624278/buaya-muara-tiba-tiba-berkeliaran-di-sungai-belakang-rumah-warga-padahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke