Salin Artikel

Pelanggar Lalu Lintas di Probolinggo Diberi Buku Yasin oleh Polisi

Buku yasin merupakan buku yang kerap digunakan umat Islam untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia.

M, pengendara tak berhelm dan bermasker yang melintas di ruas jalan tengah kota menjadi salah satu yang disanksi dengan diberi buku yasin. 

"Saya malu dan kaget. Buku saku surat yasin ini mengingatkan saya agar pakai helm dan tertib saat berkendara," kata M.

Sementara pengendara laki-laki dan perempuan yang tertib saat di jalan, memakai masker, helm dan membawa dokumen lengkap akan diganjar kerudung dan songkok kopiah.

Aksi polisi tersebut terjadi dalam operasi Menpura (Menjelang Puasa Ramadhan) yang digelar di jalan Soekarno Hatta, Trisnonegaran, Kota Probolinggo, Senin (21/3/2022).

Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, ada tiga tindakan pihak kepolisian dalam operasi ini.

“Pertama adalah pre-emtif, yakni mengajak dan mengedukasi masyarakat tertib prokes dan tertib berlalu lintas. Kami memberikan buku yasinan untuk mereka yang melanggar agar sadar bahwa keselamatan merupakan yang utama,” kata Roni kepada Kompas.com, Selasa (22/3/2022)

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pengendara yang taat dan patuh lalu lintas dengan memberikan hadiah berupa kerudung untuk wanita dan kopiah untuk pria.

“Kedua, preventif atau pencegahan secara langsung di lapangan agar tidak terjadi lonjakan penularan Covid-19 dan meminimalisir laka lantas,” lanjutnya.

Tindakan terakhir adalah represif, yakni teguran dan tindakan tilang skala prioritas bagi para pelanggar.

Roni mengimbau kepada masyarakat untuk mementingkan keselamatan mereka, mengingat bulan suci Ramadhan akan segera tiba.

“Semoga masyarakat bisa teredukasi dan sadar setelah menerima teguran buku yasinan ini. Bulan puasa akan segera tiba dan disusul dengan hari raya Idhul Fitri, tetap jaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dan jaga keselamatan saat berkendara,” pesannya. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/22/155756178/pelanggar-lalu-lintas-di-probolinggo-diberi-buku-yasin-oleh-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke